Sumber daya manusia harus diperkuat kompetensinya untuk memperkuat komunikasi strategis pemerintah

Jakarta (JurnalPagi) – Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Sekjen Kemankuminfo) Mira Taibe mengatakan sumber daya manusia (SDM) humas pemerintah harus rutin memperkuat kompetensinya untuk memperkuat komunikasi strategis pemerintah.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk memperkuat keterampilan tersebut adalah melalui lokakarya untuk memahami kerangka komunikasi dan strategi dalam menghadapi disrupsi teknologi.

“Diselenggarakannya workshop pendidikan memperluas wawasan dan memperdalam pemahaman tentang peran strategi komunikasi dalam menjawab berbagai tantangan di masa depan. Dalam keterangan resminya yang diterima, Jumat, Meera mengatakan, Saya yakin lokakarya ini telah memperkaya pengetahuan dan kapasitas kita sebagai pejabat pemerintah yang bertugas menyampaikan berita terkait kebijakan dan peraturan pemerintah.

Compu mendorong PR memahami pentingnya keamanan media sosial

Komifo: Humas pemerintah harus waspada untuk meredam permasalahan

Pernyataan tersebut juga disampaikan Meera pada Kamis (7/3) dalam lokakarya bersama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika dan British Government Communications Service (GCSI) kepada sumber daya manusia kehumasan di tingkat pemerintahan.

Dalam acara bertajuk “Strategic Communication International Workshop Series” ini, salah satu topik yang diajarkan kepada peserta adalah terkait penanganan informasi palsu.

“Selama tiga hari terakhir, para peserta mendiskusikan penyampaian komunikasi yang sukses, komunikasi krisis, misinformasi, disinformasi, komunikasi strategis, serta kerangka RESIST.Deteksi, peringatan dini, wawasan situasional, analisis dampak, komunikasi strategis, pelacakan efektivitas),” Dia berkata.

Oleh karena itu, Mira berharap di tengah polarisasi wacana dan adanya informasi palsu di ruang digital, para peserta lokakarya mampu menerapkan strategi pengelolaan kepercayaan dan kredibilitas pada institusi pemerintah dengan lebih konsisten.

Sekjen Mira mengapresiasi dukungan pemerintah Inggris dalam menyelenggarakan lokakarya pelatihan untuk meningkatkan kapasitas komunikasi strategis pemerintah.

Ia berharap kerja sama antara Indonesia dan Inggris semakin meningkat di masa depan.

Saya juga berharap kerja sama antara Indonesia dan pemerintah Inggris dapat terus berkembang dan menciptakan lebih banyak peluang di masa depan, kata Meera.

Berbicara pada lokakarya tentang memaksimalkan peluang dan mengatasi tantangan komunikasi pemerintah, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Dominic Jeremy mengungkapkan kebanggaannya atas kemitraan Inggris dengan Indonesia.

Melalui workshop ini, Inggris dan Indonesia dapat belajar dan berbagi pengalaman masing-masing dalam berkomunikasi. Ia berkata: “Bagaimana ketahanan komunikasi pemerintah dapat dibangun terhadap misinformasi dan disinformasi?

Secara khusus, Dubes Inggris juga berharap kerja sama terus dilakukan untuk meningkatkan kapasitas komunikasi pemerintah di masa depan.

Indonesia akselerasi transformasi digital di empat sektor

Komifo mengingatkan misinformasi politik melemahkan kualitas demokrasi

Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *