Studi menunjukkan bahwa TikTok memengaruhi persepsi pengguna tentang bentuk tubuh

Jakarta (JurnalPagi) – Aplikasi TikTok tampaknya tidak hanya memberikan hiburan bagi penggunanya, tetapi juga mempengaruhi persepsi pengguna terhadap citra dan kepuasan diri.

Pengguna TikTok di AS dapat mem-bookmark film dan drama TV favorit mereka

Beberapa waktu lalu, PsyPost melaporkan hasil studi yang dilakukan dua peneliti dari University of Tennessee, Danielle Bissonette Mink dan Dawn M. Szymanski.

Studi ini menunjukkan bahwa video pendek di TikTok justru memberikan sisi positif dengan memberikan kesempatan kepada perempuan untuk memiliki citra diri yang positif.

Namun, sejumlah konten berupa video pendek yang menampilkan hot dance, hot face, dan kisah sukses penurunan berat badan tampak muncul di halaman depan “For Your Page/(FYP)” meski pemilik akun ini tidak memilikinya. subjek. Ikuti akun-akun ini

Mink dan Szymanski kemudian merekrut 778 mahasiswi berusia 18 hingga 29 tahun sebagai peserta.

Perusahaan induk TikTok PHK ratusan karyawan di China

Hasilnya menunjukkan bahwa TikTok merugikan penggunanya dengan mengubah persepsi mereka tentang citra tubuh secara negatif. Ada perbandingan penampilan dan kontrol tubuh, yang pada gilirannya meningkatkan ketidakpuasan tubuh.

“Temuan kami menunjukkan bahwa penggunaan media sosial berbasis gambar menimbulkan risiko bagi citra tubuh positif wanita,” tulis para peneliti dalam pernyataan mereka.

Para peneliti menyimpulkan bahwa meskipun TikTok menyediakan konten positif tentang citra tubuh, keterampilan literasi media sosial pengguna dan paparan komersial tidak melindungi dari risiko ini.

Oleh karena itu, hasil kami menunjukkan bahwa wanita harus membatasi waktu mereka di TikTok untuk mengurangi ketidakpuasan tubuh. Penelitian di masa depan harus memeriksa penyangga potensial lainnya dalam kaitan ini, seperti kenetralan tubuh, untuk menemukan cara membantu wanita memerangi ketidakpuasan tubuh dalam menghadapi penggunaan media sosial, tulis para peneliti dalam kesimpulan mereka.

DPR AS melarang pemasangan aplikasi TikTok di perangkat kantor resmi.

Nilai Idea “Buyable Live Stream” Menjangkau Banyak Calon Pembeli

Kenapa Negara Bagian AS Larang Pemasangan Ponsel Resmi dengan TikTok?

Penerjemah: Maria Rosari dei Putri
Diedit oleh: Aida Nurjahani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *