Studi menunjukkan bahwa olahraga 15 menit dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Sel pembunuh meningkat setelah 15 menit berolahraga, namun tidak setelah 30 menit bersepeda.

Jakarta (JurnalPagi) – Penelitian terbaru menunjukkan, meski semua orang sadar akan manfaat olahraga bagi imunitas tubuh, namun setiap orang perlu beradaptasi dengan padatnya aktivitas sehari-hari.

Pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang dilaporkan di Medical Daily pada hari Selasa, merekomendasikan agar orang dewasa melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik sedang atau 75 menit aktivitas fisik berat per minggu untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Namun, sebuah studi baru yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan utama American Physiological Society di Long Beach, California, menawarkan harapan baru bagi orang-orang yang ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh tetapi tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga.

Olahraga ringan selama 15 menit diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan kadar sel pembunuh alami. Mengembangbiakkan pembunuh alami (NK), sejenis sel darah putih yang berperan sebagai garis pertahanan pertama sistem kekebalan tubuh.

Dijelaskan bahwa ia dapat menargetkan dan menghancurkan sel-sel berbahaya, bahkan tanpa paparan patogen sebelumnya. Misalnya, mereka mencari sel yang terinfeksi, termasuk sel kanker, di dalam tubuh dan menghancurkannya.

Hal ini telah dibuktikan dalam penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa olahraga ternyata dapat meningkatkan kadar sel pembunuh alami dalam aliran darah sehingga meningkatkan kekebalan tubuh.

“Menggerakkan lebih banyak sel-sel ini dapat melindungi tubuh dari infeksi, mengurangi kemungkinan berkembangnya penyakit tertentu, dan membantu meningkatkan hasil penyakit dengan mengendalikan infeksi secara lebih efektif,” kata penulis utama Rebekah Hunt dalam sebuah pernyataan.

Menurutnya, peneliti perlu mengevaluasi 10 relawan berusia 18 hingga 40 tahun yang bersepeda stasioner selama 30 menit. Sebelum memulai setiap sesi dan dengan interval 15 dan 30 menit selama sesi, sampel darah diambil dari para relawan.

Hasil tes darah mereka menunjukkan bahwa sel pembunuh meningkat setelah 15 menit berolahraga, namun tidak setelah 30 menit bersepeda.

Potensi peningkatan sistem kekebalan tubuh ini mungkin sangat penting bagi pasien kanker, karena sel pembunuh alami menghancurkan sel tumor. “Berolahraga hanya beberapa menit sebelum melihat peningkatan ini mungkin dianjurkan bagi orang-orang yang kesulitan menemukan waktu untuk berolahraga atau lebih memilih olahraga yang lebih singkat,” kata para peneliti.

+++++

https://www.medicaldaily.com/got-15-menit-study-suggests-thats-all-you-need-exercise-immunity-471599

Manfaat dan Waktu Tepat Naik Sepeda di Tengah Pandemi
Berikut beberapa tips olahraga untuk penuaan yang sehat

Penerjemah: Harlevita Dharma Shanti
Redaktur : Bodhisantoso Budiman
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *