jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Penambahan fitur DJ AI di Spotify, yang memperkenalkan pengguna pada pilihan lagu yang dipersonalisasi, merupakan langkah awal perusahaan menuju masa depan yang berbasis kecerdasan buatan (AI).

Spotify sekarang sedang mengembangkan DJ Alternatif versi bahasa Spanyol.

Referensi ke DJ AI baru ini ditemukan dalam kode aplikasi oleh veteran teknologi dan reverse engineer Chris Messina.

Spotify Kembangkan Alat Remix Lagu di Layanan Streaming

Setelah Apple Music, audio lossless dikabarkan akan hadir di Spotify

Ia menemukan indikasi bahwa pengguna dapat mengubah bahasa AI DJ dari Inggris ke Spanyol, dan juga menyebutkan nama DJ baru tersebut, “DJ Livi”. Kode tersebut juga menunjukkan bahwa DJ AI ini akan tersedia di Meksiko.

Saat diluncurkan, DJ Livi akan menjadi perluasan bahasa pertama untuk fitur tersebut, karena DJ AI yang sudah ada, yaitu DJ X, diluncurkan secara global tahun lalu, namun hanya dalam bahasa Inggris.

Saat dimintai komentar, Spotify tidak membantah temuan tersebut.

Juru bicara Spotify mengatakan: “Di Spotify, kami secara rutin bereksperimen dengan membiarkan pengguna mengekspresikan diri mereka melalui musik yang mereka sukai.

“Beberapa dari pengujian ini pada akhirnya membuka jalan bagi pengalaman pengguna yang lebih luas, dan pengujian lainnya hanya berfungsi sebagai pembelajaran penting. Kami tidak memiliki berita lebih lanjut untuk dibagikan mengenai rencana masa depan saat ini,” tambahnya.

Dengan kata lain, Spotify belum siap untuk mengonfirmasi rencana peluncuran definitif untuk AI DJ berbahasa Spanyol karena, saat ini, fitur tersebut hanya dianggap sebagai uji coba.

Namun, mengingat popularitas bahasa Spanyol secara global, nomor dua setelah bahasa Inggris, Mandarin, dan Hindi, masuk akal jika Spotify fokus pada demografi ini.

Selain itu, bahasa Spanyol digunakan secara luas di Amerika Serikat, pasar utama Spotify, dengan lebih dari 42 juta orang berbicara bahasa tersebut. Tentu saja, siapa pun dapat mengatur DJ AI mereka ke bahasa Spanyol jika fitur ini diaktifkan.

DJ AI bukan satu-satunya cara Spotify bereksperimen dengan teknologi AI baru. Perusahaan juga telah bereksperimen dengan penggunaan AI untuk membuat iklan host read untuk podcast dan playlist AI yang dipersonalisasi yang dapat dibuat menggunakan perintah.

CEO Spotify Daniel Ek juga telah mengumumkan rencana untuk menggunakan AI di seluruh bisnisnya di berbagai bidang seperti personalisasi, periklanan, dan ringkasan podcast. Demikian dilansir TechCrunch, Kamis (23/5).

Spotify Memperkenalkan Fitur Pembuatan Daftar Putar Bertenaga AI

Spotify dikabarkan menaikkan harga dan memperkenalkan rencana baru tahun ini

Spotify Umumkan 12 Musisi Masuk Program RADAR Indonesia 2024

Penerjemah: Fetor Rochman
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024