Siapa bilang itu tidak perlu? Meski terdengar sederhana, pria juga membutuhkan perawatan kulit

Jakarta: Mungkin Anda termasuk tipe pria yang menyukai aktivitas di luar ruangan, misalnya Anda banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari dan terpapar udara langsung.

Atau kamu tipe orang yang tenang dan lebih suka berada di dalam ruangan. Apapun gaya hidup atau prinsip Anda, yang pasti merawat kulit itu penting.

“Banyak pria yang salah persepsi bahwa perawatan kulit itu rumit, padahal sebenarnya tidak harus rumit. Dan memilih produk perawatan kulit yang tepat bukan soal gender, tapi soal mengetahui jenis kulit. Anda harus benar-benar mengevaluasinya. diri sendiri.”Jenis kulit pribadi, karena itu lebih penting daripada perbedaan antar jenis kelamin,” kata dokter kulit Jin Wu, dikutip dari situs Cleveland Clinic.

Sebenarnya tidak ada bedanya bagi wanita, berikut beberapa perawatan kulit penting untuk pria, antara lain:

 

1. Pembersih

Ada banyak produk sabun tradisional yang sangat bagus. Namun sayangnya, sabun ini biasanya bisa menghilangkan seluruh minyak alami pada kulit saat mencuci muka atau menghapus riasan.

Jadi, carilah pembersih yang lembut dan pH seimbang. Jika Anda memiliki kulit kering atau sensitif, coba gunakan pembersih berbahan dasar krim. Jika Anda memiliki kulit berminyak atau kombinasi, sebaiknya gunakan pembersih berbusa. Bersihkan wajah Anda dua kali sehari pada pagi dan sore hari sebelum tidur.

 

2. Pelembab

Pelembab menjaga air di kulit agar tetap terhidrasi, lembab dan kenyal. Asam hialuronat adalah zat yang menyerap air dan menyimpannya di sana. Carilah pelembap yang diperkaya dengan ceramide yang merupakan komponen sebum atau lapisan sebum pada kulit. Ini membantu mengisi kembali penghalang kulit.

3. Asam salisilat dan asam glikolat

Menurut Klinik Cleveland, kedua zat ini penting untuk mengatasi jerawat. Keduanya secara kimia mengelupas lapisan atas kulit, meski asam salisilat sebenarnya bisa menembus lebih dalam ke kelenjar sebaceous.


(Sebaiknya serum ini digunakan setelah membersihkan wajah namun sebelum melembabkannya di pagi hari. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

4. Serum antioksidan

“Untuk yang lebih maju, sebaiknya tambahkan produk untuk mencegah kerusakan dan memperbaiki sel,” saran dokter. Menambahkan serum antioksidan seperti vitamin C dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas, zat di lingkungan dan tubuh yang dapat merusak sel melalui proses alami seperti pernapasan dan penuaan. Sebaiknya gunakan serum ini setelah membersihkan wajah namun sebelum melembabkannya di pagi hari.

5. Retinol

Tambahkan retinol ke rutinitas malam hari Anda. Retinol adalah salah satu pemain kunci dalam anti-penuaan yang membantu mengatasi garis-garis halus, kerutan, kerusakan akibat sinar matahari dan hiperpigmentasi, tambah Dr. Merayu

Retinol membantu mengelupas lapisan atas kulit secara kimia dan membantu membangun kolagen, yang membuat kulit terasa montok dan montok. Karena retinol membuat Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari, sebaiknya hindari melakukan ini di pagi hari.

Dr Wu merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan diri di depan cermin atau bersama pasangan Anda tiga hingga empat kali setahun, serta memeriksa kulit Anda selama pemeriksaan fisik rutin dengan dokter Anda.

Jika Anda melihat tanda-tanda lesi baru atau lesi yang berubah, terutama tahi lalat atau lesi yang berubah ukuran, bentuk, atau warna, segera temui dokter. Jika Anda memiliki masalah kulit yang tidak kunjung membaik setelah perawatan kulit, seperti jerawat, rosacea, atau eksim, segera temui dokter kulit.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita


(YYY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *