jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Shopee mendukung Usaha Kecil, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bertransformasi dan berdaya saing dengan menawarkan berbagai program, sehingga menghasilkan lebih dari 500.000 UMKM baru yang bergabung dengan Shopee. Pendapatannya meningkat sebesar 30%. tahun ke tahun (setiap tahun) dari tahun 2020 hingga 2023.

Berdasarkan siaran pers perseroan yang diterima di Jakarta, Jumat, berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah atau Kemenkop UMKM, kontribusi usaha kecil dan menengah terhadap perekonomian Indonesia sebesar 61 persen terhadap produk domestik bruto (PDB). PDB). Negara ini telah tiba.

Faktor-faktor seperti digitalisasi, perubahan perilaku konsumen, inovasi produk dan peran perdagangan elektronikShopee khususnya telah menjadi pilar utama penopang pertumbuhan UMKM dan brand lokal.

 

Infografis perjalanan Shopee dalam membantu UKM dan merek lokal bertransformasi dan menjadi kompetitif. (dokumen khusus)


 

Sejak beroperasi di Indonesia, Shopee selalu memahami komitmennya untuk menggerakkan perekonomian nasional melalui pilar UMKM dan merek lokal. Pada tahun 2023, 84% aktivitas bisnis di Shopee akan berasal dari usaha kecil dan menengah serta merek lokal, dengan 93% dari seluruh transaksi didominasi oleh produk lokal.

Berbagai inovasi berkelanjutan telah diciptakan untuk membantu perubahan dan meningkatkan daya saing bisnis serta memperkuat kehadiran di dalam dan luar negeri.

Sebagai bagian dari komitmennya, Shopee membagikan laporan tren pertumbuhan UMKM dan brand lokal di awal tahun 2024.

1. Shopee memberikan akses yang mudah dan inklusif untuk menciptakan peluang bagi UKM dan brand lokal untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Dengan berbagai upaya strategis, inisiatif dan program menarik, Shopee berhasil mencatatkan peningkatan total pesanan dari UKM dan brand lokal sebesar 4 kali lipat pada puncak kampanye tahun 2024 dibandingkan tahun sebelumnya.

2. Guna meraih pangsa pasar global melalui pervasif digital, Shopee juga menyediakan layanan terintegrasi melalui Program Ekspor Shopee yang telah mengekspor lebih dari 26 juta produk lokal ke berbagai negara.

Tak sampai disitu saja, pencapaian positif ini akan terus berlanjut di awal tahun 2024 dengan lonjakan transaksi produk ekspor lebih dari 2 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

3. Terus berinovasi untuk memberikan dampak nyata, Shopee berhasil mendorong pertumbuhan bisnis UMKM dan brand lokal melalui fitur-fitur interaktif.

Shopee Live menyediakan platform interaksi efektif antara penjual dan pembeli Tepat waktu Dan kapan harus menjelaskan produknya Hidup. Respon positif tersebut terlihat dari peningkatan produk lokal yang terjual lebih dari 13 kali lipat melalui Shopee Live dibandingkan tahun lalu.

“Banyak cerita baru yang bermunculan hingga pertengahan tahun 2024, kami merasa bangga menjadi bagian dari banyak kisah sukses UMKM dan Merek Lokal, kata Manajer Pertumbuhan Pemasaran Shopee Indonesia Monica Viona.

Ia menambahkan: “Melihat perkembangan dan inovasi mereka yang berkelanjutan dalam menciptakan produk berkualitas dan keberhasilan memperluas jangkauan pasar, membuat kami memberikan dukungan terbaik kepada bisnis lokal melalui berbagai program, kampanye dan fitur interaktif, serta pelatihan yang dapat berkelanjutan, memberikan insentif kepada UMKM dan Merek Masyarakat lokal semakin kompetitif.”

Monica optimis Shopee mampu menghadirkan aplikasi dan fitur yang beragam dan menarik dengan berbagai perkembangan baru pada pertengahan tahun 2024.

Shopee juga akan berkolaborasi dan bermitra dengan para pelaku bisnis UMKM dan pihak terkait untuk menciptakan penetrasi inklusif di pasar digital.

“Kita bisa saling menciptakan bisnis yang berkelanjutan dan pengaruh yang meresap di pasar digital,” kata Monica.

Koresponden: Winnie Shofa Salma
Redaktur: Meriati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024