Serie A mempertahankan kompetisi 20 tim

JAKARTA (JurnalPagi) – Serie A akan tetap dalam divisi 20 tim, setelah rapat liga pada Senin mengumumkan tidak akan mendukung upaya klub-klub besar Italia untuk mengurangi jumlah peserta menjadi 18 tim.

Setelah pertemuan di kantor pusatnya di Milan, Serie A mengumumkan bahwa “format liga 20 tim saat ini adalah final”.

Media Italia memberitakan, Inter Milan, Juventus, AC Milan, dan Roma menjadi empat klub yang mendukung usulan pengurangan jumlah peserta liga menjadi 18, sedangkan 16 klub lainnya menentang.

Gagasan untuk mengurangi jumlah tim di Liga Premier Italia telah menjadi perdebatan selama beberapa waktu karena jumlah pertandingan yang harus dimainkan oleh klub-klub papan atas dan para pemainnya meningkat.

Empat tim teratas Serie A musim ini akan bertanding di Liga Champions Eropa yang akan menggunakan format baru mulai musim depan.

Rekap Serie A: Napoli Imbang Lawan Lecce, Juventus Menang 2-0.

Tim harus memainkan dua pertandingan lagi sebelum memutuskan apakah akan lolos ke babak playoff. Hal ini akan menambah jumlah pertandingan meskipun kalender pertandingan sudah sibuk.

Namun, klub-klub kecil Serie A menolak untuk memperkecil divisi tersebut karena mereka mengira hal itu hanya akan menguntungkan klub-klub besar.

“Saya menentangnya seperti klub kecil dan menengah lainnya. Saya tidak tahu mengapa kami harus menolak begitu banyak tim yang punya peluang untuk bermimpi,” kata presiden Lecce Sauvio Stichi Damiani.

Serie A juga mengumumkan telah menyetujui proposal reformasi sepak bola Italia, yang akan diajukan ke Federasi Sepak Bola Italia, FIGC, bulan depan.

Liga akan mendorong FIGC untuk mencapai independensi yang lebih besar pada rapat umum luar biasa pada 11 Maret.

Ini adalah model tata kelola yang menurut presiden Serie A Lorenzo Cazzini mirip dengan Liga Premier Inggris.

Koresponden: Jafar M. Siddique
Redaktur: Hernavan Vahiodono
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *