Sekalipun seseorang sedang diet, lemak tetap dibutuhkan

Nutrisi tidak hanya berperan dalam pencegahan penyakit, tetapi juga berperan ketika seseorang sudah memiliki penyakit tertentu

JAKARTA (JurnalPagi) – Dr. Javalita Sorapasari, Sp.GK, ahli gizi klinis, mengatakan meskipun seseorang sedang diet atau memiliki pola makan yang lebih sehat, lemak tetap dibutuhkan.

“Kalau kita diet, sama sekali tidak menggunakan lemak, itu salah. Makan lemak terus, tapi pilihlah lemak yang baik untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi,” ujarnya pada “Media Gathering Offline: Percakapan Tokopedia dan Ahli Gizi. “disediakan.” tentang tren makanan roti sehat saat ini” di Jakarta, Selasa.

Sumber lemak baik bisa didapatkan dari ikan seperti salmon. ikan tenggiriMenurut WebMD, ikan sarden dan tuna, atau alpukat, biji-bijian dan telur.

Dokter: Protein hewani terlupakan dalam nutrisi anak

Jualita mengatakan: Lemak merupakan salah satu komponen pemberian gizi seimbang dan jumlah tersebut harus ditambahkan dalam setiap makanan. Selain lemak, untuk memiliki pola makan seimbang, seseorang harus mengonsumsi sayur dan buah, kemudian sumber karbohidrat dan protein.

Bagi yang mengikuti pola makan sehat, dia menyarankan untuk mengutamakan sumber pangan lokal. Misalnya, makanan sumber karbohidrat tidak hanya nasi, tetapi juga singkong dan makanan lokal lainnya yang memiliki nilai gizi lebih.

“Kalau soal karbohidrat sebenarnya banyak variasinya. Kita dikenal dengan umbi-umbian, salah satunya singkong,” ujarnya.

Lalu berbicara tentang protein, selain bisa didapatkan dari produk hewani, Anda juga bisa mendapatkannya melalui produk nabati untuk memenuhi kebutuhan protein harian.

Dokter: Komposisi kalori sering diabaikan saat melakukan nutrisi sehari-hari

“Setiap makan tentu kita butuh protein. Setiap makan harus ada protein. Ada berbagai jenis protein nabati, kedelai, kacang hijau, kacang polong,” kata Jualita.

HGN mengingatkan masyarakat akan pentingnya gizi dalam setiap aspek kesehatan, kata Jualita saat memperingati Hari Gizi Nasional pada 25 Januari.

“Nutrisi tidak hanya berperan dalam pencegahan penyakit, tetapi ketika seseorang sudah memiliki penyakit tertentu, biasanya terkait dengan apa yang mereka makan,” ujarnya.

Lanjutnya, selain mengikuti pola makan seimbang, masyarakat juga harus menjaga berat badan dan membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak.

Dokter mengingatkan bahwa serat tidak bisa didapat hanya dari buah dan sayur saja

Gizi Buruk Bisa Jadi Awal Pertumbuhan Pendek Hingga Kecerdasan Menurun

Kemenkes: Beri Makan Anak Sesuai Kelompok Usianya

Koresponden: Lia Vanadriani Santosa
Editor: Sorianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *