jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

JAKARTA (JurnalPagi) – FIFA pada Rabu memberikan sanksi kepada Kroasia menyusul nyanyian xenofobia para penggemar yang ditujukan kepada kiper Kanada Milan Borjan di Piala Dunia 2022.

Federasi Sepak Bola Kroasia telah didenda 5.000 franc (sekitar 830 juta rupiah) atas perilaku suporter Kroasia selama pertandingan Piala Dunia FIFA antara Kroasia dan Kanada pada 27 November, kata FIFA dalam sebuah pernyataan.

Selama pertandingan di Doha, suporter Kroasia secara verbal menyerang Borjan, yang lahir di Kroasia tetapi meninggalkan negara itu saat masih kecil.

Kroasia singkirkan Kanada dari Piala Dunia Qatar dengan kemenangan 4-1
Pelatih kepala Kroasia menyebut tim Brasil menakutkan di Piala Dunia 2022

Mereka juga membentangkan spanduk, salah satunya mengacu pada operasi militer 1995 yang mengakhiri Perang Kemerdekaan Kroasia.

Selama dan setelah operasi, lebih dari 200.000 orang Serbia meninggalkan negara itu, termasuk keluarga Barjan.

Penalti ini ditentukan Kroasia 48 jam kemudian, usai merebut tiket melawan Brasil di babak perempat final, Jumat (9/12).

FA Serbia juga telah didenda 20.000 franc Swiss ($30.000) oleh FIFA untuk bendera kontroversial Kosovo yang digantung di ruang ganti selama pertandingan melawan Brasil.

Federasi Sepak Bola Kosovo (FFK) mengajukan keluhan kepada FIFA setelah foto yang menunjukkan bendera Serbia dengan peta yang menunjukkan wilayah Kosovo sebagai negara mereka dengan slogan “tidak akan menyerah”.

Kosovo, bekas provinsi Yugoslavia yang berpenduduk mayoritas Albania, mendeklarasikan kemerdekaan dari Serbia pada 2008, tetapi Beograd menolak untuk mengakuinya.

Dalam kasus ketiga yang ditangani oleh komite disiplin FIFA, enam kartu kuning yang diterima Arab Saudi melawan Argentina dan Meksiko menghasilkan dua sanksi bagi federasi negara tersebut, masing-masing dengan denda 15.000 franc Swiss, atau sekitar 250 juta rupee.

Kroasia lolos ke perempat final dengan mengalahkan Jepang melalui adu penalti
Luka Modric Tak Akan Pensiun dari Timnas Kroasia Usai Piala Dunia

Koresponden: Aditya Eko Sigit Vikasono