jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mendorong pengembangan talenta digital, khususnya untuk game, guna mengembangkan industri game lokal.

Cyberpunk Animatrix mengajak pengunjung menikmati seni sambil bermain

Menurut Sandy, hal ini diperlukan agar pelaku industri game dalam negeri dapat mematahkan dominasi developer game asing dan memimpin pasar di negaranya.

“untuk saya, Pengembang generasi berikutnya Harus hadir untuk game lokal. Kita perlu memperkuat ekosistem digital di Indonesia.” kata Sandy di Jakarta, Rabu.

Dokumen tersebut mengungkapkan bahwa saat ini industri game di Indonesia memiliki potensi ekonomi hingga $2 miliar (Rp 31,2 triliun).

Sayangnya, potensi ekonomi sebesar itu didominasi oleh pelaku industri game dari luar negeri, terutama China dan Amerika Serikat.

“Sayangnya, 95 persen potensi ekonomi tersebut belum menjadi bagian dari ekonomi digital Indonesia,” ujar Sandy.

Sebagian besar pendapatan pelaku industri gim lokal berasal dari ekspor

Untuk itu, dukungan berupa pengembangan talenta digital perlu ditingkatkan, khususnya bagi industri game Indonesia.

Pengembangan talenta digital dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari kolaborasi pelatihan kompetensi hingga menawarkan kompetisi untuk merangsang talenta developer. (Pengembang) Permainan lokal

Sandy mencontohkan salah satu program swasta yang sejalan dengan misi mengembangkan industri game lokal, yakni Indie Games Accelerator yang dikembangkan oleh Google.

Program ini mendukung studio game yang tergolong Indie namun memiliki potensi tinggi untuk menciptakan peluang ekonomi.

Studio game independen ini akan memiliki akses ke jaringan pakar industri game selama tiga bulan untuk mengakselerasi bisnis game mereka.

Langkah Komifo Dukung Pertumbuhan Industri Game Tanah Air

Program ini sesuai perintah presiden kepada (pelaku industri) permainan Sandy berkata: Indonesia bisa menjadi tuan rumah bagi negaranya sendiri.

Secara khusus, Kamen Perkraf telah menyiapkan program yang sangat bagus, termasuk konferensi permainan Di tingkat nasional yaitu Baparcraft Game Prime yang diadakan rutin setiap tahun.

Kemudian ada Program Game Lokal Kreatif Indonesia (GELORA), program kerjasama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) untuk mendorong developer game lokal membuat game edukasi.

Ada pula insentif berupa kerja sama eksklusif dengan beberapa e-commerce melalui penjualan kupon yang menjual fitur-fitur utama dari game besutan developer Indonesia tersebut.

Diharapkan dengan langkah tersebut, Indonesia dapat mendatangkan talenta digital yang dapat mengembangkan industri game lokal dan memaksimalkan potensi ekonomi digital.

Kemenkominfo dukung industri game lokal berkembang

Pengembangan ekosistem game lokal harus diselaraskan dengan industri dan prestasi

Telkomsel menilai potensi industri game lokal untuk berkembang

Diedit oleh: Aida Nurjahani