Sandy memperluas cara agar produk kopi Bondowoso semakin dikenal pasar global

Jakarta (JurnalPagi) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menerbitkan cara dalam beberapa aspek untuk menambah nilai ekspor produk kopi Bondowoso agar semakin dikenal di pasar global.

Pertama, aspek hulu kopi harus didigitalkan, harus pakai aplikasi.

“Milenial tertarik pada aspek keberlanjutan (ketahanan lingkungan). Artinya, pertanian dan perkebunan kopi ke depan harus mengedepankan aspek keberlanjutan seperti penggunaan pupuk organik dan lainnya.” Minggu (15/1).

Aspek kedua adalah teknik dan metode memanggang Item terakhir harus lebih memperhatikan aspek kesehatan, mengingat produk ini sangat bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan benar dan terukur.

Karena itu, pihaknya ingin membantu dengan menginkubasi para pedagang kopi bersama Pemkab Bondowoso.

Sandy Luncurkan ‘Event’ Wisata Religi Internasional di Situbondo

Pemerintah Punya Kemampuan Memberikan Solusi Permasalahan Pegiat UMKM

“Kami berharap para milenial ini siap menerima estafet dari para petani. Komoditas kopi memiliki nilai tambah untuk menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya,” kata Manpercroft.

Hal ini juga dibutuhkan karena semakin terkenalnya kopi Bondowoso Merek dan pemasaran terutama karena kabupaten ini adalah salah satu produsen kopi kualitas terbaik di negeri ini. Kebun kopi dengan luas sekitar 11.000 hektar ini terletak di lereng pegunungan Ijen dan Raung.

Karena sebelum (ekspor) kopi Argoporo dan kopi Jawa Ijen Rawang, Merek yang dapat ditambahkan kemudian Diproduksi oleh Bondowoso“Karena media sosial sudah ada, jadi kesepakatan antara para pemain kopi di sini untuk meningkatkan promosi,” ujarnya.

Perlu diketahui bahwa kopi di Indonesia merupakan salah satu kopi terbaik di dunia. Selain itu, ekspor kopi Indonesia menduduki peringkat ke-4 dunia karena produksinya sekitar 600 kilogram (kg) hingga 700 kilogram per hektar, sedangkan potensi produksi kopi di Indonesia bisa mencapai 1,5 bahkan 3 ton per hektar.

“Ini membutuhkan kreativitas inovatif yang terinspirasi dari para penikmat kopi, barista dan milenial sebagai pemimpin,” ujar Sandiaga.

Koresponden: M. Bagher Adros Altas
Diedit oleh: Chandra Hamdani Noor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *