Sandiaga Uno mengajak pemerintah daerah untuk mengembangkan wisata olahraga

Ajakan ini saya sampaikan dalam rangka meraih manfaat multifaset dari sektor pariwisata dan olahraga yang mempunyai potensi tinggi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pontianak (JurnalPagi) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Manparkraf) Sandiaga Ono meminta pemerintah daerah di Kalimantan Barat bersinergi erat dalam mengembangkan potensi wisata berbasis olahraga di daerahnya masing-masing.

Ajakan ini saya sampaikan untuk meraih manfaat multilateral dari sektor pariwisata dan olahraga yang mempunyai potensi besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kata Sandiaga usai mengikuti Pontianak City Run, Minggu.

Dalam konteks ini, Sandiaga Uno menilai momentum kegiatan Pontianak City Run merupakan contoh nyata dampak positif pengembangan pariwisata berbasis olahraga. Ajang yang digelar di Pontianak ini mampu menarik perhatian masyarakat dengan tingginya partisipasi peserta lomba lari kategori sport pariwisata 21K, 10K, dan 5K.

Beliau mengatakan: Seperti yang kita lihat hari ini, masyarakat Pontianak menyambut dengan sangat antusias kegiatan Pontianak City Run, terlihat banyak sekali peserta yang datang untuk mengikuti lomba lari tersebut.

Menurut Sandiaga, Pontianak City Run bukan hanya sekedar ajang olahraga, namun juga bagian dari upaya pengembangan wisata berbasis olahraga.

Dengan diadakannya acara ini, masyarakat dapat memperoleh manfaat kesehatan dari olahraga sekaligus berkontribusi terhadap pengembangan perekonomian lokal. Kehadiran pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam acara ini juga menjadi salah satu faktor yang memperkuat peran Pontianak City Run sebagai penggerak perekonomian masyarakat setempat.

Sandiaga Uno menekankan pentingnya kolaborasi pemerintah daerah, pelaku industri pariwisata, dan dunia olahraga dalam mengoptimalkan potensi wisata berbasis olahraga di Kalimantan Barat.

Ia mencontohkan, dengan sinergi yang kuat antar berbagai pihak, diharapkan kapasitas pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah dapat dikelola secara efisien dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Menparekraf Bahas Potensi Kerjasama Wisata Olahraga dengan Australia

Wamenparekraf Harap Isita Jatim Bantu Kembangkan Sport Tourism.

Kemenparekraf perkuat dukungan wisata olahraga di NTB

Koresponden: Rendra Extora
Editor: Ahmed Bochuri
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *