Samsung menghadirkan ponsel lipat yang dilengkapi pendeteksi kualitas udara

JAKARTA (JurnalPagi) – Samsung dikabarkan baru saja mendapatkan paten atas ponsel “rotatable” miliknya yang menariknya dilengkapi sensor pendeteksi kualitas udara tanpa mengurangi estetika desain ponsel tersebut.

Sensor ini disediakan untuk membantu pengguna memantau kualitas udara secara langsung Tepat waktumengatasi kekhawatiran yang semakin meningkat mengenai polusi udara dan kebutuhan akan pemantauan kualitas udara yang nyaman dan mudah diakses.

Kabar tersebut pertama kali dilaporkan oleh pelapor teknologi @xleaks7 di akun X atau Twitter miliknya.

Samsung Beri Sinyal Kuat Soal Ponsel Roll and Slide

Dikenal juga dengan nama David Kowalski, ia mengatakan keputusan Samsung menambahkan sensor tersebut karena permintaan pasar gadget yang dapat memantau langsung kualitas udara sebagai dampak meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap kesehatan dan lingkungan.

David menjelaskan beberapa fitur utama perangkat Roll, termasuk desain “slider” asli yang memungkinkan ponsel menyesuaikan ukuran layar dan mengontrol aliran udara ke sensor.

Kemudian, layar yang dapat dilipat memungkinkan ukuran layar lebih fleksibel untuk memenuhi kebutuhan pengguna sekaligus menjaga perangkat tetap ringkas.

Ponsel ini juga dirancang memiliki saluran aliran udara terintegrasi untuk mengarahkan udara luar ke sensor kualitas udara guna meningkatkan akurasi dan kecepatan pengukuran kualitas udara.

Xiaomi Ajukan Paten Konsep Ponsel Baru Berputar

Selain itu, paten baru yang diajukan oleh Samsung mencakup sensor jarak, prosesor, dan memori.

Sensor jarak yang terdiri dari sumber cahaya dan sensor cahaya memancarkan cahaya pada partikel di udara dan mengukur intensitas cahaya yang dipantulkan.

Pengolahan dilakukan dengan mengacu pada tabel kualitas udara untuk memetakan nilai intensitas cahaya pantul terhadap nilai kualitas udara.

David berpendapat, paten ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan alat pendeteksi kualitas udara yang saat ini beredar di pasaran, yang seringkali berukuran besar, mahal, dan memerlukan operator khusus dalam pengoperasian dan pemeliharaannya.

Dengan integrasi sensor kualitas udara ke dalam perangkat seluler, pemantauan kualitas udara menjadi lebih mudah diakses dan nyaman.

Ia juga mengatakan bahwa Samsung tidak hanya memenuhi kebutuhan pemantauan kualitas udara yang nyaman, tetapi juga berkontribusi terhadap pengembangan teknologi ramah lingkungan.

Inovasi ini berpotensi menghasilkan perangkat yang ramah lingkungan dan masyarakat yang lebih sadar lingkungan.

Meski belum jelas kapan produk ini akan menjadi produk massal, namun potensi pengembangan lebih lanjut dari desain smartphone rollable dan teknologi ramah lingkungan ini cukup menarik.

Seiring dengan terus berkembangnya industri teknologi, paten telah menjadi alat penting untuk melindungi kekayaan intelektual dan mendorong kemajuan dalam inovasi dan teknologi. Demikian dilansir Gizchina pada Kamis (7/3).

Ponsel LG Terlupakan

Penerjemah: Livia Cristianti
Redaktur : Siti Zulikha
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *