Saham Eropa dibuka naik tipis jelang keputusan suku bunga ECB

Bengaluru (JurnalPagi) – Saham-saham Eropa dibuka merangkak lebih tinggi pada Kamis, bahkan ketika investor mempertahankan sikap hati-hati menjelang keputusan suku bunga Bank Sentral Eropa (ECB) yang kemungkinan akan menaikkan suku bunga untuk kesepuluh kalinya berturut-turut.

Pasar memperkirakan peluang 65 persen kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin yang akan membawa suku bunga utama Eropa ke rekor tertinggi.

Para analis dan investor cenderung memprediksi jeda kenaikan suku bunga ECB sampai Reuters melaporkan pada Selasa (12/9/2023) bahwa bank sentral akan menaikkan perkiraan inflasi tahun depan menjadi lebih dari 3,0 persen, memperkuat argumen untuk kenaikan.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik tipis 0,1 persen pada pukul 07.12 GMT, didukung oleh kenaikan saham layanan kesehatan dan energi.

Saham Deliveroo melonjak 6,7 persen setelah aktivis-investor Sachem Capital dalam sebuah laporan mengatakan mereka yakin perusahaan pengiriman makanan itu bisa menjadi target pengambilalihan.

THG merosot hampir 10 persen setelah pengecer daring Inggris tersebut memperkirakan pendapatan tahunannya dari operasi yang berkelanjutan akan tetap atau turun hingga 5,0 persen.

Sementara itu, investigasi Komisi Eropa terhadap kendaraan listrik China yang diyakini mendapat manfaat dari subsidi negara akan berdampak “negatif” pada hubungan ekonomi dan perdagangan, demikian peringatan Kementerian Perdagangan China.

Kenaikan saham Inggris terhenti, indeks FTSE 100 susut 0,02 persen

Saham Asia dibuka menguat karena investor abaikan kejutan inflasi

Wall St beragam, S&P 500 naik karena data IHK perkuat taruhan jeda Fed


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © JurnalPagi 2023