jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

CANTIKA.COM, Jakarta – Malam hari adalah kesempatan sempurna untuk ritual relaksasi yang mempersiapkan kita untuk tidur dan mempersiapkan hari esok untuk hari yang baik. Ini saat yang tepat untuk menenangkan pikiran, melatih cinta diri atau mencintai diri sendiridan merawat tubuh kita adalah sebuah rutinitas perawatan kulit.

Saat tidur, kulit mengalami proses perbaikan dan peremajaan. Dermatolog Anna Chacon, MD, FAAD menjelaskan, “Mengikuti rutinitas perawatan kulit malam hari memberi Anda kesempatan untuk memberikan nutrisi dan perawatan yang dibutuhkan kulit Anda sebelum memulai proses perbaikan.

Dia menambahkan bahwa rutinitas perawatan kulit di malam hari membantu menjaga kesehatan kulit, memperlambat proses penuaan, dan melawan efek paparan harian terhadap pemicu stres lingkungan, termasuk yang paling umum (misalnya sinar matahari). Kulit Anda akan berterima kasih karena Anda telah menerapkan rutinitas malam hari sederhana yang kami jelaskan di bawah.

Rutinitas perawatan kulit malam hari terbaik sebenarnya cukup sederhana. Hal ini memastikan kulit Anda menerima perawatan dan perhatian yang dibutuhkan, tergantung pada masalah spesifik Anda.

Berikut rangkaian perawatan kulit malam hari sederhana yang direkomendasikan Anna Chacon:

Langkah 1: Cuci wajah Anda dengan pembersih ringan

Langkah pertama dalam rutinitas perawatan kulit malam hari Anda adalah mencuci muka. Apa pun jenis kulit Anda, pilihlah pembersih yang lembut dan pastikan untuk meluangkan waktu satu (atau dua!) menit untuk menyabuni pembersih tersebut ke dalam kulit Anda.

Jika Anda memiliki kulit kering, pilihlah pembersih wajah berbahan dasar minyak yang melembapkan. “Pembersih menghilangkan kontaminan sehari-hari, termasuk riasan, kotoran, dan faktor lingkungan lainnya,” kata Dr. Chacon.

Langkah 2: Menyegarkan toner

Toner membantu menyeimbangkan kembali tingkat pH kulit Anda dan mengembalikan kelembapan yang hilang selama proses pembersihan. Meskipun Anda memiliki kulit berminyak atau rentan berjerawat, toner adalah ide yang bagus.

“Asam pada kulit kita adalah pelindung yang mengusir patogen dan mengatur kelembapan,” jelas Justin Kahn, ahli kecantikan dan pendiri Botnia Skincare. Sepanjang hari, berbagai faktor mengganggu keseimbangan ini, sehingga produk dengan pH yang disesuaikan penting untuk mengembalikan keseimbangan.

Langkah 3: Gunakan produk terapeutik sesuai kebutuhan

Diamkan toner Anda selama sekitar 60 detik, lalu gunakan produk perawatan. Bagian dari rangkaian produk ini memberikan personalisasi paling banyak karena menargetkan tujuan perawatan kulit spesifik Anda.

Di sini, Anda dapat memutuskan apakah Anda ingin fokus pada anti penuaan, mencerahkan, mengurangi jerawat, atau meminimalkan flek hitam, kata dokter. Chacon. Karena produk perawatan ini mengandung bahan aktif, penting untuk menggunakannya hanya sekali dalam semalam. Tergantung pada kebutuhan Anda, Anda dapat mengganti produk yang Anda gunakan setiap dua malam (atau setiap beberapa malam).

Gunakan asam alfa hidroksi (AHA) atau produk berbasis enzim yang melakukan eksfoliasi dengan lembut agar kulit tampak lebih halus dan cerah.

Jika Anda memiliki masalah jerawat, Anda bisa menggunakan produk berbahan dasar beta hydroxy acid (BHA) (juga dikenal sebagai asam salisilat) atau benzoil peroksida. Jika bintik matahari atau hiperpigmentasi mengganggu Anda, Anda bisa menggunakan produk yang membantu menguranginya.

Langkah 4: Oleskan pelembab

Selesaikan perawatan Anda dengan pelembab. “Langkah ini menghidrasi kulit dan mengunci serum dan produk perawatan kulit Anda pada tempatnya,” kata Dr. Chacon. Untuk langkah ini, Anda juga sebaiknya memilih produk berdasarkan jenis kulit Anda.

Pilihan Editor: Mengulas rutinitas perawatan kulit dan riasan Hanifa Ambadar, pendiri Jakarta X Beauty

Ini sangat sederhana

Hallo sobat Kantika, yuk update informasi dan inspirasi wanita di Kantika Telegram