Riset INDEF: Shopee menjadi “platform” yang paling banyak dipilih oleh UMKM

JAKARTA (JurnalPagi) – Riset Institute for Economic Development and Finance (INDEF) bertajuk “Peran Platform Digital dalam Perkembangan UMKM di Indonesia” pada pekan lalu mengungkapkan, 50% UMKM memilih Shopee sebagai pilihan mereka. tempat tidur, latar belakang Hal utama yang mereka jual secara online tahun lalu.

Berdasarkan riset, 34,25% pelaku UMKM memilih aplikasi digital seperti apps. perdagangan elektronik Menurut siaran pers Senin, dan media sosial sebagai tempat utama menjualnya secara online.

Riset menemukan bahwa 50% UMKM atau lebih dari separuh responden memilih Shopee sebagai pilihannya. tempat tidur, latar belakang Hal utama yang mereka jual secara online tahun lalu. Selain aplikasi perdagangan elektronikpara pelaku UMKM juga aktif menggunakan media sosial seperti Facebook Marketplace dan Instagram Marketplace tempat tidur, latar belakang penjualan daring

Digitalisasi usaha kecil dan menengah membuat ekonomi digital di Indonesia terus tumbuh positif dari tahun ke tahun. Google, Temasek, dan Bain memperkirakan nilai ekonomi digital Indonesia akan meningkat menjadi $109 miliar atau sekitar Rp 1.721 triliun pada tahun 2025.

Huawei Luncurkan MatePad Pro 13,2 Inci dan FreeClip TWS di Shopee Mall

Faktanya, pada tahun 2030, ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan mencapai $210 miliar hingga $360 miliar (Rp.3.317 triliun – Rp.5.687 triliun).

Pertumbuhan tersebut tidak lepas dari tingginya nilai perdagangan sektor ini perdagangan elektronik, yang telah sangat membantu ekosistem ekonomi digital negara. Kehadiran Platform perdagangan elektronik Hal ini pun membuka banyak peluang bagi para pelaku UMKM untuk lebih mengembangkan bisnisnya secara online.

Selain aplikasi perdagangan elektronik Shopee, sejumlah aplikasi media sosial seperti Facebook (33,46 persen), Instagram store (28,74 persen), dan TikTok store (20,87 persen) masing-masing menempati posisi kedua hingga keempat sebagai situs penjualan online yang paling banyak digunakan. Pemain tahun lalu

Aplikasi media sosial Facebook dan Instagram memungkinkan penggunanya memasarkan bisnisnya melalui berbagai fitur yang disediakan, antara lain fitur Feed, Story, dan Marketplace/Toko.

Riset INDEF juga menganalisis lokasi penjualan online yang “paling sering digunakan”. Berdasarkan hasil riset tersebut, Shopee secara konsisten menduduki peringkat aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelaku UMKM dengan persentase 36,22%, disusul Facebook Market (18,50%), disusul Facebook (18,50%). Pengiriman makanan online (16,93 persen), seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood.

Merujuk hasil riset INDEF, pelaku UMKM memiliki tiga alasan utama menerapkan digitalisasi pada bisnisnya. Tiga alasan teratas adalah kepraktisan dalam berjualan online (79,13 persen), eksposur/traffik yang lebih luas (72,83 persen), dan potensi pertumbuhan bisnis yang lebih cepat (69,69 persen).

Gambaran hasil pemaparan survei INDEF di Jakarta beberapa waktu lalu. (JurnalPagi/HO-Khusus)

Izzudin Farras, peneliti di Pusat Ekonomi Digital dan UKM INDEF, menjelaskan bahwa meskipun terjadi pertumbuhan, keterampilan digital masih menjadi tantangan bagi usaha kecil dan menengah untuk memasuki digitalisasi.

“Salah satu cara yang dapat dilakukan pelaku UMKM untuk menghadapi persaingan usaha adalah dengan mengikuti program pendidikan atau pelatihan UMKM yang diselenggarakan oleh berbagai pihak. Platform perdagangan elektronik,” Dia berkata.

Berdasarkan penelitian ini, beberapa tantangan utama adalah persaingan yang ketat antar pelaku bisnis internal tempat tidur, latar belakang Digital (96,46 persen) dan kurangnya penggunaan keterampilan tenaga kerja tempat tidur, latar belakang Digital (83,46 persen).

Meski demikian, Izodin juga mengatakan kini semakin banyak pelaku UMKM yang sadar akan pentingnya penggunaan platform digital dan dampak positif digitalisasi terhadap bisnisnya.

Oleh karena itu, para pelaku UMKM diharapkan terus melakukan inovasi baik dari segi produk, layanan, maupun strategi untuk menarik konsumen di tengah ketatnya persaingan perdagangan online.

Shopee Perkuat Ekosistem Belanja Online dengan Kampanye Terbarunya

60 Desainer Indonesia Gabung Penjual Shopee!

Shopee Tawarkan Merek Kelas Atas dengan Desainer Papan Atas

Koresponden: Winnie Shofa Salma

Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *