jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF) resmi memberhentikan Luis Enrique sebagai pelatih kepala timnas, Kamis, Lafuria Roja tersingkir dari babak 16 besar Piala Dunia 2022 lewat adu penalti oleh Maroko.

Luis de la Fuente, pelatih kepala tim U-21 Spanyol, yang membawa Spanyol meraih medali perak di Olimpiade tahun lalu, segera menggantikan Enrique.

“Presiden Luis Rubiales dan direktur olahraga Jose Francisco Molina telah mengomunikasikan keputusan mereka kepada pelatih (Enrique),” kata RFEF dalam sebuah pernyataan.

Mereka juga berterima kasih kepada Luis Enrique dan stafnya atas kerja mereka, tetapi RFEF kini telah memutuskan untuk memulai “proyek baru”.

Luis Enrique ingin terus menjadi pelatih Spanyol

Spanyol tiba di Qatar sebagai salah satu favorit Piala Dunia, tetapi kampanye babak 16 besar mereka dihentikan setelah bermain imbang 0-0 dan kekalahan adu penalti 3-0 pada Selasa (12/06/12).

Sebelumnya, Luis Enrique mengatakan ingin tetap menjadi pelatih Spanyol dan berharap RFEF akan terus mempercayainya.

“Saya sangat senang dengan Asosiasi Sepak Bola Spanyol, presiden dan (direktur olahraga),” katanya.

“Jika terserah saya, saya akan bertahan sepanjang hidup saya, tetapi tidak seperti itu. Saya harus dengan tenang memikirkan apa yang terbaik untuk saya dan tim nasional.”

Spanyol terakhir mengangkat trofi internasional satu dekade lalu di Euro 2012, sementara mereka belum pernah memenangkan pertandingan sistem gugur Piala Dunia sejak menang di Afrika Selatan pada 2010.

Timnas Spanyol Latihan 1000 Penalti Sebelum Mencapai Piala Dunia
Luis Enrique: Melawan Jerman adalah tantangan yang bagus untuk Spanyol

Koresponden: Hendry Sukma Indravan
Editor: Teguh Handoko