Retinol dapat digunakan pada siang hari selama aturannya dipatuhi

Jakarta (JurnalPagi) – Dokter kulit biasanya menyarankan penggunaan retinol pada malam hari karena kandungannya tidak stabil saat terkena sinar UV.

Seperti ditulis laman Good and Good, Kamis (3/7), secara teknis Anda bisa menggunakan retinoid di siang hari jika mengikuti beberapa aturan untuk melindungi kulit dari efek retinol.

“Kemajuan dalam formulasi kosmetik kini telah menghasilkan generasi produk retinol stabil yang dapat digunakan pagi atau malam hari,” jelas Direktur Divisi Riset Klinis dan Estetika Dermatologi sekaligus Profesor Dermatologi. Joshua Zeichner, MD.

Anda memerlukan sistem “sandwich” untuk menggunakan retinol saat kulit Anda sangat kering

Pemilik kulit sensitif disarankan menggunakan retinol secara bertahap

Pasalnya, sifat retinoid menipiskan lapisan luar sel kulit mati dan membuat kulit mudah terbakar di bawah sinar matahari. Baik Anda menggunakan retinoid di pagi atau sore hari, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap kali Anda berada di bawah sinar matahari untuk mencegah sengatan matahari.

Selain tabir surya, pelembap juga penting untuk menjaga pelindung kulit tetap utuh dan mencegah iritasi. Dermatologis merekomendasikan untuk melengkapi retinol Anda dengan pelembab yang mengandung bahan seperti ceramide dan gliserin yang membantu menghidrasi penghalang rasa haus pada kulit.

Tips lain dalam menggunakan retinol di siang hari adalah menghindari penggunaan asam eksfoliasi seperti glikolat (AHA) dan salisilat (BHA) secara bersamaan. Gunakan rutinitas ini pada malam yang berbeda karena dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan yang serius.

Jangan gabungkan retinol dengan jenis turunan vitamin A atau serum vitamin C lainnya. Jika Anda sudah menggunakan beberapa jenis retinol pada siang atau malam hari, Anda tidak perlu menambahkan serum tambahan yang “mengandung retinol”.

Apakah serum retinol dan vitamin C bisa digunakan bersamaan?

Anda tidak perlu mendinginkan produk perawatan kulit berbahan retinol
Itu

Penerjemah: Fitrah Asy’ari
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *