jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 22, 2024

Instrumen pasar uang dapat memberikan alternatif investasi yang relatif stabil dan likuid sambil menunggu kejelasan arah suku bunga.

JAKARTA (JurnalPagi) – Dua produk reksa dana pasar uang PT BRI Manajemen Investasi (BRI-MI), yakni BRI Gamasteps Pasar Uang dan BRI Seruni Pasar Uang Syariah mencatatkan kinerja lebih baik dibandingkan rata-rata industri hingga Juni 2024.

“Kedua produk tersebut cocok bagi investor yang memiliki profil risiko konservatif dan membutuhkan likuiditas tinggi,” kata Presiden BRI-MI Tina Milena dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, Reksadana pasar uang menjadi salah satu alternatif pilihan investasi jangka pendek karena menawarkan tingkat pengembalian yang positif dan stabil meski di tengah tingginya suku bunga dan fluktuasi pasar.

Menurutnya, sikap tunggu dan lihat Investor yang saat ini berspekulasi mengenai arah suku bunga merupakan peluang bagus untuk memilih reksa dana pasar uang.

Sebab, instrumen pasar uang dapat memberikan alternatif investasi yang relatif stabil dan likuid sambil menunggu kejelasan arah suku bunga, kata Tina.

Pasar Uang BRI Gamasteps dan Pasar Uang Syariah BRI Seruni masing-masing mencatatkan return sebesar 2,98 persen year-to-date hingga Juni 2024, berdasarkan riset Infovesta, perusahaan teknologi penyedia informasi investasi. sejauh tahun ini (YTD) dan 2,69% ytd.

Sementara rata-rata return indeks reksa dana pasar uang paling tinggi yakni sebesar 2,26 persen secara tahunan hingga Juni 2024.

Indeks aset pasar uang juga lebih baik dibandingkan indeks dana investasi pendapatan tetap yang memiliki imbal hasil sekitar 0,85% per tahun. Sedangkan reksa dana indeks komposit justru terkoreksi 2,84% secara tahunan dan reksa dana saham secara tahunan 9,86%.

Berkat kinerja positif kedua produk reksa dana tersebut, BRI-MI pun berhasil meraih penghargaan internasional sebagai Best Asset Manager kategori reksa dana pasar uang pada 15th Annual Fund Management Awards 2024 di Singapura pada Selasa (9/7).

Tina mengatakan penghargaan tersebut merupakan pencapaian positif bagi perseroan, apalagi diberikan oleh lembaga internasional terkemuka yakni Alpha Southeast Asia, sebuah media yang fokus pada isu investasi di kawasan Asia Tenggara.

Tina menambahkan, “Penghargaan ini menjadi insentif bagi BRI-MI untuk terus menumbuhkan kepercayaan investor dan meningkatkan kualitas pengelolaan reksa dana khususnya reksa dana pasar uang, dan tentunya mengembangkan produk reksa dana yang semakin inovatif dan memberikan imbal hasil yang optimal. .” Mereka menyediakan”. .

BRI Danareksa Sekuritas bidik dana kelolaan Rp 300 miliar di 2024.
OJK Kembangkan Produk Reksa Dana Sebagai Pilihan Investasi
Mandri Investasi Rekomendasikan Alokasi ke Reksa Dana di 2024

Koresponden : Uyu Septiyati Liman
Redaktur: Faisal Yunianto
Hak Cipta © JurnalPagi 2024