Rekomendasi wisata di kawasan Gloduk untuk mengisi liburan Imlek

Jakarta (JurnalPagi) – Tahun Baru Imlek yang dirayakan masyarakat keturunan Tionghoa akan jatuh pada Sabtu (10/2) tahun 2024 dan diisi dengan berbagai kegiatan seperti salat dan kumpul keluarga.

Bagi warga yang tidak merayakan Imlek, liburan kali ini bisa diisi dengan kegiatan wisata mengunjungi tempat kuliner atau pasar tua seperti kawasan Gloduk.

Berikut ini rekomendasi tempat seru di kawasan Gloduk untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga saat liburan Imlek.

Rekomendasi Destinasi Wisata di Hong Kong

Destinasi Wisata Sesuai Tipe Kepribadian Liburan

1. Wisata kuliner di Pateknama

Kawasan Petak Anam menjadi salah satu destinasi kuliner favorit jika berkunjung ke Glodok. Di dekat pasar Gloduk pengunjung dapat dengan mudah menemukannya karena lokasi Petak Anam tidak jauh dari jalan utama.

Kawasan Petak Anam di Glodok, Jakarta Utara saat difoto, Jumat sore (9/2/2024). (JurnalPagi/Vinny Shoffa Salma)




“Ini kawasan yang banyak merayakan Imlek, jadi kami ingin merasakan suasananya juga,” kata Erna, salah satu pengunjung asal Bekasi yang ditemui di Petak Anam, Jumat sore.

Di sini, pengunjung dapat memilih beragam makanan dan minuman, mulai dari makanan tradisional Cina hingga masakan modern. Harga bervariasi tergantung toko dan jenis makanan atau minuman yang dipesan.

Jika Anda ingin menikmati makanan berat sekaligus jajanan, salah satu tempat yang bisa Anda coba adalah Kedai Kokoho. Warung makan yang terletak di dekat pintu masuk Patek Anam ini menawarkan aneka nasi goreng, mie goreng, dan roti bakar dengan harga mulai dari puluhan ribu toman.

Selain itu ada juga toko Wo Ai Pao yang menjual roti panggang khas Taiwan dan berbagai minuman segar dengan harga terjangkau.

Namun sebaiknya segera mencari tempat duduk untuk menikmati hidangan tersebut karena jumlah meja dan kursi di dalamnya terbatas. Dalam kondisi sibuk, pengunjung mungkin harus menikmati kuliner di luar kawasan Petak Anam karena sulitnya menemukan meja dan kursi kosong.

2. Beli aksesoris keren di kawasan Gloduk

Kawasan Gloduk merupakan surganya kuliner dan aksesoris khas Imlek, serta perlengkapan sembahyang Konghucu dan Budha. Jadi, kurang lengkap rasanya jika tidak mencari aksesoris atau dekorasi Imlek yang menarik di sana.

Rekomendasi Wisata Pendakian Gunung di Indonesia

Beragam barang keberuntungan Imlek dijual para pedagang di Gloduk, Jakarta Utara, Jumat sore (9/2/2024). (JurnalPagi/Vinny Shoffa Salma)




Di sepanjang kawasan Glodok, pengunjung dapat memilih stand atau tenda pedagang yang menjual berbagai produk Imlek. mulai dari Cheongsam (Pakaian tradisional Tiongkok), perlengkapan sembahyang, dan dekorasi Tahun Baru Imlek dapat dibeli di sini dengan harga yang relatif murah.

Achi, pengunjung asal Bogor, mengaku senang berbelanja di kawasan Gloduk. Selain harganya yang relatif murah (puluhan ribu hingga jutaan rupee), pilihan perlengkapan Imlek yang dicari masyarakat juga berbeda-beda.

Saya suka di sini, sempurna dan sangat murah. “Apalagi untuk persiapan Imlek besok,” kata Achi.

3. Istirahat sejenak di Kopi Djauw

Bila lelah berkeliling berbelanja di kawasan Gloduk, pengunjung bisa singgah sejenak di Djauw Coffee. Djauw Coffee merupakan kedai kopi bergaya retro yang terletak di dekat Pasar Gloduk.

Eksterior Djauw Coffee berlokasi di Glodok, Jakarta Utara pada Jumat sore (9/2/2024). (JurnalPagi/Vinny Shoffa Salma)




Di sini, pengunjung dapat menikmati beragam pilihan kopi, minuman non-kopi, dan makanan ringan yang benar-benar nikmat. Mulai dari kopi hitam, donat kentang, teh leci, dan pilihan menu lainnya.

Pemiliknya yang merupakan pengunjung asal Jakarta Utara mengaku senang bisa mengunjungi toko kecil tersebut. Menurutnya, Djauw Coffee cocok untuk dijadikan tempat singgah ketika ingin bersantai sejenak atau berkumpul bersama teman-teman.

“Aku lelah berputar-putar (sekitar Glodok), berhenti disini. Lezat, harga masuk akal ah,” Dia berkata.

Harga menu di Djauw Coffee bervariasi, mulai dari 12k rupee untuk Kue Lupis hingga 30k rupee untuk menu lainnya.

Lima Tips Wisata Akhir Pekan di DKI Jakarta

4. Meningkatkan kreativitas pada rencana keenam

Tak hanya menyajikan aneka hidangan yang menggugah selera, di sini pengunjung juga bisa mencoba kegiatan melukis gambar di lantai dua Petak Anam. Harganya pun berbeda-beda, mulai dari 60 ribu toman sudah termasuk cat dan kuas untuk melukis.

Kumpulan gambar lukisan berlokasi di Petak Anam Gloduk, Jakarta Utara pada Jumat sore (09/02/2024). (JurnalPagi/Vinny Shoffa Salma)




Anda bisa memilih gambar-gambar ini sesuai selera Anda karena tersedia dalam berbagai motif mulai dari gambar kartun doraemon hingga karakter yang menggemaskan.

Menurut penjaga kegiatan melukis di sana, pengunjung bisa bebas memilih warna cat dan durasi lukisan sesuai keinginan. Nantinya, lukisan mereka bisa dibawa pulang setelah dikeringkan.

5. Menikmati suasana Pecinan jaman dulu di sekitar kawasan Gloduk

Jika sedang malas berbelanja, pengunjung bisa menikmati hiruk pikuk Pecinan Lama di sekitar kawasan Gloduk. Suasana tua dan ramai di sana menarik untuk dicoba.

Jumat sore (9/2/2024) di pojok warung jajanan di kawasan Gloduk, Jakarta Utara. (JurnalPagi/Vinny Shoffa Salma)




Menyusuri koridor kawasan Glodok atau sekedar melihat bangunan-bangunan tua yang ada di sana, pengunjung pasti masih bisa merasakan keseruan kawasan Glodok.

Saat mengunjungi kawasan ini, jangan lupa menggunakan topi, kacamata hitam, payung atau alat pelindung lainnya untuk menghindari sinar matahari langsung. Kawasan Glodok sangat panas sehingga melindungi diri dari sinar matahari adalah suatu keharusan.

Berikut Rekomendasi Wisata Gunung Kinabalu di Malaysia

Tips Wisata Imlek 2024

tiket.com rekomendasikan 4 destinasi wisata terjangkau di Thailand

Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *