jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 20, 2024

Sedangkan yang Lantamal kita persiapkan dari daerah Melawai, mungkin nanti markasnya (markas TNI AL) di Panjam Pasar Utara.

Jakarta (JurnalPagi) – Rapat Pimpinan TNI Angkatan Laut (RAPIM) Tahun 2024 membahas sejumlah rencana kerja selama tahun 2024, antara lain rencana pembangunan Pangkalan Utama (Lantamal) TNI AL dan Markas Besar (Mabesal) TNI AL di Ibu Kota Negara (IKN). ).

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali, saat jumpa pers sesaat sebelum rapat TNI AL di Markas Komando, Cilangkap, Jakarta, Kamis, mengatakan pangkalan utama TNI AL akan berlokasi di lepas pantai. pantai Melawai. yang berjarak kurang lebih satu kilometer dari Pangkalan TNI.AL (Lanal) Balikpapan.

Mulai tahun 2023, TNI Angkatan Laut berencana meningkatkan status Lanal Balikpapan menjadi Kelas 1 untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Ibu Kota Kepulauan (IKN) di Kalimantan Timur.

“Sementara Lantamal sedang kita persiapkan dari wilayah Malawai, mungkin nanti markas (TNI AL) di Panjam Pasar Utara,” kata Laksamana Ali dalam jumpa pers menjawab pertanyaan wartawan.

Pusat kepulauan yang diproyeksi menjadi ibu kota negara baru ini terletak di Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di dua kabupaten, yakni Panjam Paser Utara dan Kota Kintangara.

Dalam kesempatan tersebut, Laksamana Ali kembali menegaskan rencananya untuk meningkatkan status Lanal Balk Papan menjadi kelas satu. Ali mengatakan, “Kalau untuk TNI Angkatan Laut, kemungkinan besar Lanal Balik Papan akan kita tingkatkan di sana, pertama kita tingkatkan menjadi Lantamal, kemudian menjadi Kudamar (Komando Daerah Laut).

Dalam rapat TNI-Polri tahun 2024 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (28/2), Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengatakan ada rencana perubahan nama (nama) Lantamal menjadi Kudamar. Agus kemudian mengatakan, delapan Lanthamal akan menjadi Kodamar Kelas A dan enam Lanthamal akan menjadi Kodamar Kelas B.

Untuk kebutuhan pertahanan laut di IKN, TNI AL berencana meningkatkan status Lanal Balikpapan menjadi Lantamal mulai tahun 2023.

Kebosanan Terus Berlanjut di Rapat Pimpinan TNI AL Atas Perintah Presiden hingga Panglima.

Panglima TNI Jelaskan Rencana Pembentukan Lapangan Terbang dan Bandara di IKN

Kasal saat berkunjung ke Lanal Balikpapan pada Agustus 2023 lalu, menjelaskan bahwa perubahan tersebut juga untuk mengantisipasi potensi ancaman dan kerentanan. Pasalnya, lokasi Lanal Balikpapan berada tepat di depan garis laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II yang merupakan kawasan perairan terbuka dan jalur pelayaran yang ramai tidak hanya untuk jalur dalam negeri, namun juga untuk jalur luar negeri.

Peningkatan kekuatan dan pemindahan pasukan di IKN menjadi salah satu topik yang dibahas pada KTT TNI Angkatan Laut 2024. Rapat Pimpinan TNI AL tahun ini merupakan lanjutan dari Rapat TNI Tahun 2024, Rapat TNI-Polri Tahun 2024, dan Rapat Kemhan Tahun 2024. .

Soal pemindahan personel, Panglima TNI dalam rapat TNI-Polri, Rabu, total ada 2.820 prajurit TNI yang ditempatkan di IKN. Dari TNI Angkatan Laut berjumlah 793 prajurit. Mereka sedang dalam tahap pertama pemindahan pasukan yang dijadwalkan berlangsung pada tahun 2024.

Namun, kata Panglima, pemindahan tersebut menunggu kesiapan gedung dan kantor yang mendukung aktivitas prajurit di IKN. Bangunan-bangunan yang dimaksud antara lain adalah tempat dinas para prajurit.

Dalam penyerahan komando, kebutuhan perumahan para prajurit termasuk dalam tahap pertama penyerahan 11 unit rumah tanah dan 782 unit rumah susun. Ground house ini diperuntukkan bagi Kepala Staf TNI Angkatan Laut dan 10 perwira tinggi bintang dua dan tiga.

Sedangkan sisanya menempati apartemen dengan berbagai ukuran satuan, dengan satuan terbesar seluas 290 meter persegi untuk perwira senior bintang satu dan kolonel, disusul satuan seluas 190 meter persegi untuk perwira menengah tingkat letnan kolonel (Letnan Kolonel) dan Mayor serta satu kesatuan dengan luas 94 meter persegi untuk perwira pertama.

2.820 prajurit TNI dikerahkan di IKN, kata Panglima

Kasad Ungkap Rencana Tempatkan 18 Satuan TNI AD di IKN

Koresponden: Genta Tenri Mawangi
Diedit oleh: Chandra Hamdani Noor
Hak Cipta © JurnalPagi 2024