jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Tuan rumah sekaligus juara bertahan Qatar menjadi tim pertama yang melaju ke babak 16 besar Piala Asia AFC usai mengalahkan Tajikistan 1-0 di Stadion Elbit, Rabu setempat atau Kamis pagi WIB.

Qatar memiliki rekor memalukan dengan menderita tiga kekalahan di pertandingan penyisihan grup Piala Dunia 2022, yang merupakan penampilan kandang terburuk dalam sejarah kompetisi besar ini.

Mereka kemudian memecat Carlos Queiroz pada awal bulan lalu dan menggantikannya dengan mantan arsitek Real Madrid Tintin Marquez.

Keputusan itu membuahkan hasil karena Qatar menindaklanjuti kemenangan 3-0 atas Lebanon dengan kemenangan 1-0 atas Tajikistan untuk memasuki Piala Asia.

Akram Afif, striker yang mencetak gol di laga pembuka, kembali menjadi juara Qatar lewat gol tunggalnya.

Pada menit ke-17, ia mengejar umpan dalam Moez Ali dan kemudian menaklukkan kiper Tajik Rostan Yetimov.

Almuz adalah salah satu sahabatku dan kami saling memahami. Kami sudah lama bermain bersama, jadi kami tahu apa yang kami inginkan hanya dengan melihat. Afif seperti dikutip AFP: Kami berharap hal-hal baik terus berlanjut.

Tajikistan mengakhiri pertandingan dengan sepuluh orang setelah Amadoni Kamolov dikeluarkan dari lapangan karena tendangannya ke wajah Ahmed Elganehi pada menit ke-81. Ini merupakan kartu merah pertama di Piala Asia 2023.

Kemenangan Qatar membuat mereka melaju sebagai juara Grup A dengan satu pertandingan tersisa, namun siapa yang mendampingi Qatar baru akan diketahui setelah babak final turnamen tersebut.

Pada laga babak final Grup A yang digelar Senin (21/1), Qatar akan menghadapi China dan Tajikistan menghadapi Lebanon.

Meski dua kali bermain imbang 0-0, China tetap menjadi tim yang berpeluang terbaik mengimbangi Qatar. Tiongkok memiliki dua poin dan Tajikistan serta Lebanon masing-masing hanya memiliki satu poin.



jalan panjang

Tiongkok mungkin mendapat keuntungan jika Qatar ingin mengistirahatkan pemain kunci mereka, karena pelatih Tiongkok Aleksandar Yankovic berusaha menghindari tersingkir dari babak penyisihan grup.

Setelah bermain imbang tanpa gol melawan Tajikistan untuk membuka kampanye Piala Asia mereka, Tiongkok gagal mencetak gol lagi dalam hasil imbang 0-0 melawan Lebanon pada hari Rabu.

Lebanon bahkan punya peluang dua kali membentur mistar gawang China, sedangkan peluang terbaik China digagalkan sebelum bola melewati garis gawang.

Namun hal ini tampaknya menjadi titik kritis bagi sepak bola Tiongkok, yang dilanda masalah korupsi.

Pada akhirnya kami tidak menang, tapi kami menunjukkan mentalitas, sikap, dan perjuangan yang baik. Jalannya masih panjang dan tujuannya masih sama, bermain di babak playoff, kata Jankovic.

Tiga pertandingan akan dimainkan pada hari Kamis, dimulai dengan Suriah dan Australia dengan juaranya.

Di grup yang sama, India akan menghadapi Uzbekistan dan pada pertandingan terakhir Kamis, Palestina akan menghadapi UEA.

Jadwal Kamis: Laga Piala Asia dan Kiprah Indonesia di India Open
Relawan Indonesia Ikut Sukseskan Piala Asia 2023
Mancini Yakin Arab Saudi Akan Berkembang Seperti Negara-Negara Eropa
Son Heung-min berharap bisa membawa Korea Selatan meraih gelar Piala Asia 2023
Shayne Pattynama bertekad meraih kemenangan pertamanya melawan Vietnam

Koresponden: Rauf Ender Adipati
Redaktur: Dadan Ramdani
Hak Cipta © JurnalPagi 2024