jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Saya berbicara tentang lima tahun, tapi pelatih mengatakan tidak, dia ingin sepuluh tahun. Ini yang kami sampaikan, tentu saja keberlanjutan itu penting, kami akan serius menjalankan program ini

JAKARTA (JurnalPagi) – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan menyusun rencana 10 tahun sepak bola putri dengan tujuan Piala Dunia 2035, kata Presiden PSSI Eric Tohir usai berbicara dengan pelatih timnas putri Indonesia Satoru Mochizuki.

“Sebelumnya kami sepakat (dengan Satoru Mochizuki) membuat rencana (sepak bola wanita) untuk 10 tahun. Saya tadi bicara lima tahun, tapi pelatih bilang tidak, dia mau sepuluh tahun. Kami menyebutnya, tentu saja. , keberlanjutan,” kata Eric dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa. “Penting, program ini akan kita seriusi.

PSSI baru saja menunjuk Satoru Mochizuki sebagai pelatih kepala timnas sepak bola wanita Indonesia dengan kontrak berdurasi dua tahun.

Eric melanjutkan: “Saya memilih Jepang karena tradisi sepak bola wanita Jepang sangat kuat. Mereka memenangkan Piala Dunia satu kali dan mencapai final Piala Dunia Wanita sembilan kali sejak 1991.”

Ia menyatakan, kehadiran Mochizuki merupakan bagian dari kerja sama PSSI dengan Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) yang dibuka pada Mei 2023.

Tangan dingin Mochizuki membantu Jepang menjuarai Piala Dunia Wanita 2011 di Jerman dan medali perak Olimpiade London 2012.

PSSI Tunjuk Satoru Mochizuki Sebagai Pelatih Kepala Timnas Wanita Indonesia

Penunjukan ini untuk mengembangkan sepak bola wanita kita juga dan membuktikan bahwa kami di PSSI tidak hanya fokus pada sepak bola pria saja, kata Eric.

Bagi Eric, kedatangan Mochizuki merupakan langkah awal pengembangan potensi sepak bola putri Merah Putih.

Erick pun menyatakan tak melupakan kepelatihan dan untuk mendukung liga sebagai kunci pembinaan, PSSI sudah menyiapkan rencana kompetisi putri sejak dini, sebelum bergulirnya Liga 1.

“Soalnya butuh waktu. Salah satunya, akhir bulan ini akan ada turnamen remaja putri di bawah 10 dan 14 tahun. Ini awal karena harus dimulai pada usia 9, 12, 14 tahun. ,” kata Eric. Pembinaannya dari bawah.

Eric menambahkan: “Jadi kami membangun dari pembangunan. Kemudian kami menciptakan zona bagi klub untuk berpartisipasi sehingga mereka bisa menjadi liga. Kompetisi pemuda ini dapat mendorong kompetisi dan mendatangkan bakat sepak bola wanita kami. Tempat.”

Eric berkata lagi: “Kenapa langsung ke timnas? Karena saat ini timnas wanita kita punya pemain-pemain berkualitas dan banyak juga yang bermain di liga luar negeri. Jadi momentumnya bagus dan harus kita manfaatkan.”

Tujuan Pelatih Kepala Nova Arianto adalah sukses di Piala Asia U-17 tahun depan

Koresponden: Fajar Satrio
Editor: Jafar M. Siddique
Hak Cipta © JurnalPagi 2024