PSSI menyebut proses naturalisasi Ragnar dan Tom menunggu libur DPR

JAKARTA (JurnalPagi) – Anggota Komite Eksekutif (Exco) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Aria Sinulingga mengatakan, proses pengurusan kewarganegaraan dua pesepakbola Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye belum rampung karena masih menunggu libur DPR RI. Periode yang akan berlanjut hingga Maret 2024.

Proses naturalisasi Ragnar dan Tom Hay sudah selesai di pemerintahan, kita mau bawa ke DPR, DPR libur hari ini sampai Maret, kata Arya kepada wartawan usai menghadiri acara PSSI Press di Jakarta, Selasa. .

Ia mengatakan hal itu terkait perkembangan proses nasionalisasi dua pesepakbola bernama Ragnar Oratmanguen dan Tom Haye untuk memperkuat timnas Indonesia menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2026.

Ragnar Oratmanguen (26) merupakan pemain yang berposisi sebagai penyerang atau pemain sayap yang saat ini membela Fortuna Sittard dengan status pinjaman dari Groningen. Ia memiliki darah Indonesia dari kakeknya yang berasal dari Maluku.

TA Kemenpora Tunjukkan Keterkaitan Kuat dengan Ragnar Oratmangoen
Menpora Dapat Komunikasi Informal Terkait Kewarganegaraan Tom Hae

Sedangkan gelandang Hernwin Tom Hay (28) memiliki darah Indonesia dari kakek Sulawesi dan nenek Sulu.

Arya menjelaskan, PSSI berupaya mempercepat proses nasionalisasi kedua pemain tersebut dengan melengkapi dokumen yang diperlukan agar bisa membela timnas di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Namun proses naturalisasi tersebut belum terwujud karena masih perlu dibahas dan disetujui di komisi terkait di DPR RI yang saat ini vakum sekitar satu bulan.

Jadi kita tidak bisa menyalahkan siapa pun karena itu rencananya, katanya.

Adapun lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, Tim Garuda akan menghadapi Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024. Mereka akan menjamu Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni.

Exco PSSI tekankan proses normalisasi pemain sesuai kebutuhan pelatih

Dewan Minta Prestasi Atlet Naturalisasi Dievaluasi Secara Berkala
Legenda sepak bola nasional meminta PSSI selektif melakukan naturalisasi pemain

Koresponden: Aloysius Levukda
Redaktur: Junidi Soswanto
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *