PSSI Ketum menjalin komunikasi dengan KBRI Qatar terkait pemetaan pemain

Jakarta (JurnalPagi) – Presiden PSSI (Ketum) Mochamad Iriawan berkomunikasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Qatar, di mana salah satu poinnya adalah pemetaan WNI atau anak Indonesia yang sedang bermain sepak bola di Tanah Air.

Menurut laman sosialnya di Jakarta, kiprah yang dilakukan pria yang akrab disapa Ivan Boleh itu merupakan salah satu rangkaian keikutsertaannya dalam FIFA Summit yang diadakan sekitar waktu yang sama dengan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Ivan Boleh menulis: “Bersama Duta Besar (Ridwan Hassan), kami membahas peluang kerjasama antara PSSI dan KBRI Qatar, khususnya program pemetaan warga negara Indonesia atau anak-anak Indonesia yang sedang bermain sepak bola di Qatar.

Ia menambahkan: “Saya mendapat informasi dari duta besar bahwa anak-anak atau anak-anak Indonesia saat ini sedang bermain sepak bola di Qatar. Bahkan anak-anak Indonesia saat ini sedang bermain di Liga 1 dan Liga 2 Qatar.”


Betul, sebenarnya ada beberapa pemain asal Indonesia yang saat ini bermain di negara Timur Tengah, antara lain Fari Agri yang bermain untuk Muaither SC (Ligue 2) dan Khuwailid Mustafi yang bermain untuk Qatar FC (Ligue 1 Qatar). Kedua pemain ini berasal dari Luxeomawe Aceh.

“Jika federasi dan pemerintah Republik Indonesia tidak melawan potensi ini, sangat disayangkan. Talenta-talenta muda ini dapat mendorong Timnas Garuda untuk lebih bersuara di pentas internasional.” dia menjelaskan.

Selain bertemu Ridwan Hassan, Dubes RI di Doha, Qatar, Ivan Boleh bersama delegasi PSSI juga melakukan beberapa pertemuan lain di sela-sela KTT FIFA.

Bersama Sekjen PSSI Younes Nosy dan Wakil Sekjen Maike Ira Pospita menggelar pertemuan dengan Direktur Turnamen FIFA Christian Schmolzer. Salah satu poin yang diangkat terkait Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Selain itu, Ivan Boleh juga bertemu dengan Du Zhaokai, Wakil Presiden Federasi Sepakbola China. Pertemuan tersebut membahas beberapa peluang kerja sama antara PSSI dan Federasi Sepak Bola China, antara lain pengembangan pemain muda, infrastruktur, dan rencana pertandingan persahabatan untuk timnas dan klub.

PSSI Setujui 65 Nama Piala AFF 2022 Berpaspor Indonesia.
Lembaga Polling: Masyarakat Dukung KLB, Tolak Pembekuan PSSI
Anggota Exco menyambut baik dukungan Eric Tohir untuk keketuaan PSSI


Koresponden: Bayu Kuncahyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.