jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 20, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah menyelesaikan kursus evaluasi wasit putaran kedua.

Seperti dilansir keterangan resmi PSSI, Kamis, kursus evaluasi wasit merupakan kursus latihan yang digunakan untuk memperkenalkan sistem perwasitan yang nantinya akan diterapkan di Liga Indonesia.

“Saya berpesan kepada para penilai juri, laporan tertulis hanya untuk konsumsi mereka dan panitia juri dan tidak akan disebarluaskan kemana-mana. Kita harus melindungi para juri. Kedua, mereka harus hati-hati dan fokus pada tugasnya. Saya harap begitu” Penilai sejawat ini bisa berlatih dengan komputer dan sistem referensi,” kata Ratu Tisha Destria, Wakil Presiden PSSI.

Kursus pelatihan wasit gelombang kedua akan dimulai pada tanggal 26 hingga 29 Februari 2024, sedangkan gelombang pertama akan dilaksanakan pada tanggal 22 hingga 25 Februari 2024.

Dalam kegiatan ini, wasit evaluator juga mendapat bimbingan Perbesar rapat dan dipandu oleh Raymond Olivier (Instruktur Wasit AFC) dan Jeremy Kerner (CEO Sports Fusion).

Pada hari terakhir kursus, materi yang disampaikan meliputi analisis balapan, penyajian laporan insiden yang dikonfirmasi untuk pembuktian lebih lanjut. Laporan yang diperoleh berupa Google Form. Evaluasi kemudian dibagikan tentang sistem wasit sepanjang kursus.

Anggota Komite Eksekutif PSSI Rudy Iulianto berharap para wasit evaluator bisa terus belajar dan mengenal sistem komputer yang digunakan sebagai operator di liga selepas kursus.

Saya berharap apa yang disampaikan para pelatih dalam beberapa hari terakhir, para penilai wasit bisa cepat beradaptasi dengan sistem rujukan. “Karena sekarang adalah era digitalisasi,” kata Rudy Iulianto.

Enam Orang Menyelesaikan Kursus Tahap Pertama dan Pemilihan Evaluator Wasit
PSSI bertujuan untuk memilih evaluator wasit yang memenuhi standar Liga Inggris

Koresponden: Fajar Satrio
Redaktur: Ervan Sohairondi
Hak Cipta © JurnalPagi 2024