jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 14, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Psikolog klinis lulusan Universitas Indonesia, Anisa Mega Radiani, M.Psi., menilai penting bagi orang tua untuk melakukan evaluasi dan komunikasi saat anaknya menjadi pelaku bullying.

Sangat penting untuk mengevaluasi bagaimana mereka dibesarkan atau mengevaluasi hubungan mereka dengan anak-anak mereka. Sebab bila orang tua tidak mengetahuinya, maka anaknya akan melakukan kekerasan. intimidasi “(Bullying) Artinya ada komunikasi yang tidak terjalin dengan baik di sana,” kata Anisa saat dihubungi JurnalPagi di Jakarta, Sabtu.

Dengan demikian, penyebab terjadinya bullying pada anak dapat diketahui sehingga orang tua dapat meningkatkan pola asuh dan komunikasinya dengan anak. Menurut Anisa, proses membimbing dan membantu anak bisa mencakup bantuan profesional jika diperlukan.

Cegah Bullying, Orang Tua Diimbau Ciptakan Keluarga Ramah Anak

Lanjutnya, jika hubungan orang tua dan anak kurang baik, sebaiknya ada pihak ketiga yang menjadi penengah atau pendampingan, misalnya psikolog atau konselor sekolah.

Para orang tua juga dihimbau untuk meminta anak-anak mereka yang melakukan tindakan bullying untuk menerima tanggung jawab dan menghadapi konsekuensi dari tindakan mereka. Selain itu, menurut Anissa, orang tua juga harus bertanggung jawab atas kekerasan yang dialami anaknya selama anak tersebut masih dalam tanggung jawab dan perlindungannya.

Dia berkata: “Penting bagi orang tua untuk menerima bahwa apa yang dilakukan anak mereka adalah kesalahan yang harus dipertanggungjawabkan oleh anak itu sendiri.”

Oleh karena itu, Anisa menekankan pentingnya pendidikan dan bimbingan yang tepat pada anak agar perilaku bullying tidak menjadi suatu kebiasaan. Jika dibiarkan, karakteristik ini akan tetap ada seiring berjalannya waktu.

“Karena keinginan intimidasi (Bullying) tidak hanya terjadi pada masa kanak-kanak. “Kalau perbuatannya tidak dihukum, rasanya dia bisa melakukannya lagi dan lagi,” kata Anissa.

Psikolog: Peran Orang Tua Penting dalam Cegah Perilaku Bullying

Kelalaian Terhadap Kenakalan Anak Bikin Mereka Jadi Bullying

Sekolah Binos Proses Siswa yang Terlibat Bullying

Koresponden: Farhan Arda Nograha
Editor: Natisha Andarningtias
Hak Cipta © JurnalPagi 2024