Psikolog mendorong guru untuk lebih memperhatikan bullying

Jakarta (JurnalPagi) – Psikolog klinis Anisa Mega Radiani, M.Psi., mendorong para guru untuk lebih memperhatikan situasi di sekolah yang terindikasi melakukan perundungan terhadap siswa tertentu.

“Mudah-mudahan para guru bisa berbuat cukup Diberitahukan (sadar) akan situasi di kelas Anda jika sepertinya ada anak-anakMenggertak kata Anisa saat dihubungi JurnalPagi di Jakarta.

Menurut psikolog jebolan Universitas Indonesia ini, tanda-tanda bullying di lingkungan kelas atau sekolah pasti ada karena perilaku tersebut tidak hanya terjadi sekali, melainkan berulang kali.

Psikolog: Peran Orang Tua Penting dalam Cegah Perilaku Bullying

FSGI Minta Permendikbudristek 46 Berlaku untuk Bullying di Binus.

Anissa menilai lingkungan sekolah sangat mempengaruhi perkembangan mental anak, karena pada usia sekolah anak sering berinteraksi dengan lingkungan sekolah, baik dengan guru maupun dengan teman sebayanya.

Makanya penting sekali sekolah benar-benar fokus mengajarkan nilai-nilai pribadi dan menunjukkannya. Artinya, anak-anak zaman sekarang bisa mendapat banyak informasi dari mana saja, ujarnya.

Ia menambahkan, peran sekolah sangat penting untuk mendidik siswa sejak dini tentang perilaku apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Tindakan pencegahannya antara lain mengetahui akibat yang akan mereka hadapi jika ketahuan atau melakukan hal tersebut (perilaku yang tidak boleh dilakukan), kata Anisa.

Sekolah juga dapat berperan dalam mendorong siswanya untuk meningkatkan rasa percaya diri melalui pencapaian kesuksesan di berbagai bidang.

Selain itu, siswa juga bisa diajarkan untuk membangun hubungan yang positif antar sesama siswa, misalnya dengan mengajarkan manfaat bekerja sama.

Salah satu faktor pendorong terjadinya bullying adalah perasaan ingin lebih unggul dari orang lain. Oleh karena itu, dengan meningkatkan rasa percaya diri melalui perbaikan, siswa dapat menjadi lebih percaya diri tanpa perlu adanya tindakan bullying untuk merendahkan orang lain.

Katanya, Agar setiap anak bisa fokus meningkatkan rasa percaya dirinya pada bidang yang dituju.

Kemendikbud Tindaklanjuti Kasus Bullying di Binus Serpong

KPAI dorong partisipasi luas untuk mencegah kekerasan di satuan pendidikan

Koresponden: Farhan Arda Nograha
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *