jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 22, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Presiden Joko Widodo mengatakan progres pembangunan Pusdiklat (TC) PSSI di Ibu Kota Negara Kepulauan (IKN), Panjam Pasar Utara, Kalimantan Timur sudah mencapai 20 persen.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat meninjau perkembangan pembangunan pemusatan latihan, Rabu.

“Kalau kita lihat, sudah dimulai dan sampai saat ini sudah 20% selesai. Dan diharapkan siap pada bulan Mei (2024) dan tersedia untuk TC pada bulan Juni (2024). Untuk U-20. Masuk ke sini. Pelatih Indra (Sajferi) pun sudah menyatakan siap menjalani TC di IKN. “Rumputnya juga sudah ditanam,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan resmi yang diterima wartawan.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jenderal PSSI yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Eric Tawheer, pelatih tim nasional U-20 Indra Sajfari, Komite Eksekutif PSSI Mohammad, Khairalanur, Sekjen Yunus Nusi mendampingi. Presiden. dan tiga pemain timnas berusia di bawah 20-20 tahun.

Eric menegaskan, pemerintah dan PSSI berharap pembangunan TC tahap 1 selesai sesuai target pada Mei 2024. Dengan begitu, para pemain dan staf pelatih bisa segera memanfaatkan fasilitas tersebut untuk meningkatkan kualitas. dan prestasi sepak bola Indonesia

“Sebelumnya Presiden mengapresiasi progres pembangunan TC PSSI tahap 1 yang sudah mencapai 20%. Hal ini menunjukkan komitmen PSSI dan Adhi Karya untuk mempercepat pengembangan TC. Ini juga merupakan bagian dari evolusi sepak bola Indonesia menuju arah Gary lebih baik, jelas Eric.

Presiden Apresiasi Perjuangan Tim Garuda Melawan Irak di Piala Asia

Pembangunan TC PSSI merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan prestasi sepak bola Indonesia. Dengan fasilitas berstandar internasional, pemain dan staf pelatih akan dapat berlatih dan berkembang dalam lingkungan yang mendukung, dilengkapi dengan infrastruktur terkini dan metodologi pelatihan terbaik.

Pembangunan TC PSSI tahap 1 mendapat hibah dari FIFA Forward senilai US$ 1,25 juta atau Rp 19,2 miliar.

Pada Tahap 1, konstruksi difokuskan pada lapangan rumput alami, lapangan rumput buatan, asrama dan ruang ganti pemain.

Untuk asrama Tahap 1 total kapasitasnya adalah 70 orang yang meliputi 28 kamar twin untuk pemain, 10 kamar single untuk tim pelatih, dan 3 suite untuk pelatih kepala.

Pak Jokowi juga menyampaikan bahwa dengan percepatan pembangunan TC ini, PSSI akan mempunyai fasilitas yang cukup sehingga para pemain dan staf pelatih bisa berlatih lebih baik dan meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia, tambah Eric.

Oleh karena itu, Eric berterima kasih atas dukungan pemerintah dan FIFA Forward. PSSI berkomitmen mempercepat pengembangan TC demi perkembangan sepak bola Indonesia yang lebih baik. Kami juga berterima kasih atas dukungan pemerintah dan FIFA Forward, kata Eric.

Rencananya, TC PSSI di IKN akan memiliki total delapan lapangan sepak bola, pusat rehabilitasi, dan fasilitas pendukung lainnya yang tidak hanya bermanfaat bagi timnas tetapi juga masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan tersebut, Indra Sejafari mengaku kaget dengan perkembangan TC PSSI di IKN. Ia pun meyakini keberadaan fasilitas ini akan menjadi pendukung penting persiapan Indonesia membangun timnas tangguh di berbagai kelompok umur dan divisi.

Saya rasa ini langkah yang bagus. Saya ingin berterima kasih kepada FIFA, pemerintah, dan PSSI. Ini akan menjadi insentif bagi kami untuk mempersiapkan diri dengan lebih fokus.

Indra pun menegaskan, dirinya dan para pemainnya siap bertahan di IKN, yang diyakininya akan memudahkan para pemain dan seluruh jajarannya untuk fokus mengejar prestasi.

Presiden PSSI: TC Timnas di IKN Babak Baru Sepak Bola Indonesia
Presiden Tetapkan Lokasi Pusdiklat Sepak Bola di IKN

Koresponden: Rauf Ender Adipati
Redaktur: Teguh Handoko
Hak Cipta © JurnalPagi 2024