Pratinjau Laga Persib Vs Persija: Kedua Tim Sama-sama Incar Kemenangan

Jakarta (JurnalPagi) – Pekan ke-28 League One, salah satu laga akbar yang menyita perhatian pecinta sepak bola tanah air adalah laga Persib Bandung kontra Persija Jakarta.

Laga kedua musim ini antara Persib Bandung dan Persija Jakarta akan dihelat di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung pada hari Sabtu pukul 15.00 WIB.

Jelang duel panas tersebut, tim Persib Bandung dan Persija Jakarta berusaha melanjutkan proses positif yang diraih pada pertemuan sebelumnya.

Namun jika melihat klasemen sementara Liga 1 Indonesia musim ini, angin segar lebih mengarah ke Persib Bandung ketimbang Persija Jakarta.

Persib Bandung nyaman di peringkat kedua dengan 48 poin dari 27 pertandingan, sedangkan Persija Jakarta di peringkat 10 dengan 35 poin.

Meski demikian, pertandingan kedua tim ini selalu berjalan menarik dan seru sehingga peringkat di tabel peringkat sementara tidak bisa menjadi satu-satunya kriteria.

Mencoba melanjutkan rentetan kemenangan

Pada beberapa laga sebelumnya, kedua tim sempat kesulitan meraih poin penuh hingga akhirnya Persib di pekan ke-26 dan Persija di pekan ke-27 mampu memutus proses tersebut.

Pada pekan ke-26, Persib mampu mengalahkan PSIS Semarang dengan skor 3-0 dan sepekan kemudian mengalahkan Runs Nusantara FC 4-0.

Sementara itu, Persija berhasil mengalahkan Diva United dengan skor 4-1 pada pekan lalu setelah tiga kali kalah berturut-turut.

 


Berikut ini bisa dilihat 5 pertandingan terakhir kedua tim

Prasib Bandung

(3/24) Rans Nusantara FC 0 – 4 Persib Bandung
(24/2/27) Persib Bandung 3 – 0 PSIS Semarang
(24/2/23) Barito Putera 1 – 1 Persib Bandung
(4/2/24) Persib Bandung 2 – 2 Persis Solo
(23/12/18) Bali United 0 – 0 Persib Bandung

Persija

(2/3/24) Persija Jakarta 4 – 1 Diva United (26/2/24) Arema FC 3 – 2 Persija Jakarta
(24/2/22) Persija Jakarta 0 – 1 Madura United (6/2/24) Borneo FC 3 – 1 Persija Jakarta
(24/2/16) Persija Jakarta 1 – 0 PSS Sleman

saling memukul

Di era League One, kedua tim sudah bertemu sebanyak 11 kali dan hanya 3 laga yang berakhir imbang, hal ini menunjukkan baik Persija Jakarta maupun Persib Bandung memandang penting laga tersebut.

Laga pertama yang terjadi pada Ligue 1 musim 2017 saat Persija Jakarta bermain imbang 1-1 melawan Persib Bandung saat bermain di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Selain itu, pertandingan kedua musim 2019 terjadi saat Persib Bandung menahan imbang Persija Jakarta 1-1 di Stadion Gelora Bung Karno.

Sementara itu, hasil imbang ketiga paruh musim terakhir terjadi saat Persija Jakarta ditahan imbang Persib Bandung 1-1 di Stadion Patriot Kandrabhaga, Bekasi.

Di sisa pertandingan, kedua tim saling mengalahkan, namun sejauh ini belum ada tim yang mampu mencuri kemenangan di lapangan lawannya.

11 pertandingan terakhir Persib Bandung melawan Persija Jakarta di Liga 1 adalah sebagai berikut:

2017

(22/7/2017) Persib Bandung 1 – 1 Persija Jakarta
(1396/03/11) Persija Jakarta 1 – 0 Persib Bandung

2018

(30/06/2018) Persija Jakarta 1 – 0 Persib Bandung
(23/09/2018) Persib Bandung 3 – 2 Persija Jakarta

2019
(10/07/2019) Persija Jakarta 1 – 1 Persib Bandung
(20/10/2019) Persib Bandung 2 – 0 Persija Jakarta

2021/22*

(20/11/2021) Persib Bandung 0 – 1 Persija Jakarta
(01/03/22) Persija Jakarta 0 – 2 Persib Bandung

2022/23

(2023/11/01) Persib Bandung 1 – 0 Persija Jakarta
(31/03/2023) Persija Jakarta 2 – 0 Persib Bandung

2023/24

(2/9/24) Persija Jakarta 1 – 1 Persib Bandung

*Pertandingan digelar dengan sistem bubble akibat pandemi COVID-19

Komentar masing-masing pelatih

Dalam jumpa pers jelang laga, Jumat (3/8), Pelatih Persib Bandung Boyan Hudak meyakinkan anak asuhnya siap berjuang dan semakin termotivasi menyambut laga ini.

“Saya termotivasi dan tidak akan berangkat terlalu jauh untuk pertandingan besok karena para pemain sudah termotivasi untuk tampil baik,” jelas Boyan.

Ia menyimpulkan: “Laga perdana akan bergema di seluruh Asia karena dua tim klasik Indonesia akan saling berhadapan. Saya berharap besok akan menjadi pertandingan yang menarik dan hasil yang maksimal untuk Persib.”

Sementara itu, Thomas Dahl, pelatih kepala Persija Jakarta, tidak menganggap pertandingan tanpa penonton akan menjadi keuntungan bagi timnya.

Pelatih kepala asal Jerman itu menilai pertandingan sebesar ini sebaiknya dimainkan dengan kehadiran penonton karena itu bagus untuk kedua tim.

“Suasana pertandingan besok harusnya bagus, tapi karena tidak ada suporter jadi kurang bagus. Tidak bagus untuk kedua tim karena pertandingan butuh emosi,” tegas Dahl.

Dia melanjutkan: “Saya tidak tahu apakah itu sebuah keuntungan atau tidak. Tapi semua pemain ingin memiliki penggemar. Itulah sepak bola, jika stadion kosong seperti latihan normal.”

Persijapan penuh kedua tim

Kedua tim Persib Bandung dan Persija Jakarta diharapkan mempersiapkan segala tenaga untuk memburu tiga poin pada laga berikutnya.

Meski tak mendapat dukungan langsung dari Bobotoh, Persib Bandung diharapkan bisa tampil maksimal karena para pemain utamanya siap bertarung.

Pasukan Boyan Hudak diperkirakan akan kembali diperkuat oleh striker haus gol David Da Silva, yang akan ditemani oleh pemain sayap cepat Ciro Alves dan Ryan Cornea.

Di lini tengah, Stefano Beltrame akan menjadi gelandang serang, dengan Mark Klock dan Dedi Kusendar bermain di belakangnya.

Lini belakang akan kembali ditempati oleh kuartet Rosaldi Hahanosa, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, dan Henn Herdiana, sedangkan Kevin Ray Mendoza akan menjadi penjaga gawang.

Di sisi lain, Persija Jakarta tak bisa didongkrak penyerang Gustavo Almeida, namun kembali mengandalkan ketajaman striker gaek Marko Simic yang mencetak dua gol di laga sebelumnya.

Sayap akan kembali diisi oleh Rio Matsumura dan Reyhan Hanan, sedangkan dua gelandang tengah akan ditempati oleh Masij Gakhos dan Siahrian Abimanyu.

Oliver Bias dan Rio Fahmy akan mengisi posisi bek samping, dan bek tengah akan diisi oleh Rizki Ridu, Firza Endika, dan Hanif Sajabandi. Tentu saja posisi penjaga gawang ada di tangan Andritani Ardiyasa.

Prediksi susunan pemain kedua tim adalah sebagai berikut

Prasib Bandung (4-3-3): Kevin Ray Mendoza; Hanen Herdiana, Nick Kuipers, Alberto Rodríguez, Rosaldi Hahanosa; Dedi Kusendar, Mark Klok, Stefano Beltram; Chiro Alves, David Da Silva, Ryan Cornea.

pelatih: Boyan Hadak

Persija Jakarta (3-4-3): Andritany Ardhiyasa; Firza Endika, Hanif Sejahbandi, Rizki Rizo; Oliver Bias, Siahrian Abimanio, Masij Gajos, Rio Fahmi. Rio Matsumura, Marko Simic, Reyhan Hanan.

pelatih: Boneka Thomas
Itu

Redaktur : Ahmad Zainal M
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *