Prancis membuka Piala Dunia 2022 dengan kemenangan 4-1 atas Australia

JAKARTA (Antara) – Prancis menggebrak Piala Dunia 2022 dengan kemenangan 4-1 atas Australia pada laga pembuka Grup D di Stadion Janub, Rabu dini hari WIB.

Olivier Giroud mencetak dua gol untuk Prancis dan Adrien Rabiot serta Kylian Mbappe mencetak dua gol lainnya. Setelah Australia sudah lebih dulu memimpin lewat gol Craig Darwin.

Kemenangan ini membuat sang juara bertahan memuncaki klasemen Grup D Piala Dunia 2022 dengan raihan tiga poin. Tunisia dan Denmark berada di bawah pengawasannya setelah bermain imbang tanpa gol, dan Australia berada di dasar klasemen.

Australia langsung mengejutkan Prancis dengan gol cepat pada menit ke-9. Goodwin mampu masuk ke gawang Hugo Lloris dengan memanfaatkan umpan Matthew Lecky dari sisi kanan.

Empat menit kemudian, Prancis harus melakukan pergantian cepat setelah Lucas Hernandez cedera dan harus menggantikan kakaknya Theo Hernandez.

Prancis bisa mengikat permainan 1-1 di menit ke-27. Umpan lambung Theo Hernandez mengecoh bek Australia itu. Rabiot memukul bola tanpa henti.

Los Blues bisa bangkit dan unggul 2-1. Kali ini, Rabiot Memar menjadi arsitek gol kedua usai menuntaskan umpan Olivier Giroud dari depan gawang pada menit ke-32.

Keunggulan itu membuat Prancis memegang kendali, tetapi tidak ada gol lagi yang dicetak hingga paruh waktu.

Di babak kedua, dominasi Prancis berlanjut. Pasukan Didier Deschamps kini bisa mempersulit Australia untuk membangun serangan di babak kedua.

Prancis akhirnya memimpin pada menit ke-68. Kali ini giliran Kylian Mbappe yang mencatatkan namanya di papan skor.

Ousmane Dembele melepaskan umpan silang ke area penalti dengan serangan dari sisi kanan. Mbappe yang berada di depan gawang mampu memenangkan duel udara dan memasukkan bola ke gawang Australia. Hasilnya adalah 3-1.

Keunggulan Prancis bertambah tiga menit kemudian. Giro mencetak gol keduanya pada menit ke-71.

Kylian Mbappe menusuk ke kiri Australia sebelum mengirim umpan silang ke tengah yang disundul oleh Giroud. Prancis memimpin 4-1.

Setelah mencetak tiga gol, Prancis memperlambat serangannya dan melakukan beberapa pergantian pemain. Tidak ada gol tambahan hingga akhir pertandingan saat Prancis mengalahkan Australia 4-1.

Lewandowski gagal penalti, Polandia bermain imbang 0-0 melawan Meksiko
Tunisia memaksa Denmark bermain imbang 0-0
Daftar Kejutan Piala Dunia Selain Arab Saudi Kalahkan Argentina dengan Skor 2-1

Mengantri:
Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Benjamin Pavard (Jules Conde menit ke-89), Dayot Opamcano, Ibrahima Kunate, Lucas Hernandez (Theo Hernandez menit ke-13); Adrien Rabiot, Aurelien Chuameni (77 Youssef Fofana); Ousmane Dembele (Kingsley Coman, menit ke-77), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud (menit 89 Marcus Thuram).

Australia (4-1-4-1): Matthew Ryan; Nathaniel Atkinson (Min. 85 Milos Degnek), Harry Sutar, Kay Rolls, Aziz Beech; Harun Moy; Craig Goodwin (Garang Kuol 74′), Riley McGarry (Awer Mabil 73), Jackson Irwin (Keanu Baccus 85′), Matthew Leckie; Mitchell Duke (56′ Jason Cummings).

Koresponden: Hendry Sukma Indravan
Editor: Dadan Ramdani
Hak Cipta © ANTARA 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.