jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 14, 2024

JAKARTA (JurnalPagi) – Timnas Prancis lolos ke babak semifinal setelah mengalahkan Inggris 2-1 di babak perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Al Beit Al Khor, Minggu dini hari WIB.

Pada pertandingan ini, Prancis memimpin dengan tembakan keras Aurelien Choumey dan sundulan Olivier Giroud, sementara Inggris menyamakan kedudukan dengan tendangan penalti Harry Kane menurut rekor FIFA.

Ini adalah semifinal Piala Dunia kedua berturut-turut bagi Prancis, setelah mengalahkan Kroasia di final musim lalu.

Selanjutnya, Prancis akan memperebutkan satu tiket ke final melawan Maroko saat kedua tim bertemu di babak semifinal Piala Dunia 2022 di Stadion Al Beit Al Khor, Kamis (15/12) pagi WIB.

Di babak pertama, Prancis mengambil inisiatif serangan lebih dulu dan mengancam lewat sundulan Olivier Giroud yang masih mengenai gawang Inggris Jordan Pickford.

Inggris dan Prancis tak ubah komposisi

Prancis mampu memimpin pada menit ke-17 melalui gol jarak jauh yang dicetak oleh Aurelien Choumey dengan umpan dari Antoine Griezmann.

Dengan Griezmann memulai di sisi kiri pertahanan Inggris, pemain Atletico Madrid itu mengirim umpan terukur yang diikuti Showamy dengan tembakan kuat yang tidak bisa dijangkau Pickford untuk menjadikannya 1-0.

Tertinggal satu gol, Inggris mencoba bangkit dan memiliki peluang ketika Jordan Henderson melakukan umpan terukur ke kotak Prancis, tetapi Jude Bellingham tidak bisa menangkap bola.

Di sisa waktu babak pertama, kedua tim kembali bermain dan mencoba mencetak gol, namun di babak pertama skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Prancis.

Di babak kedua, Inggris mengambil inisiatif menyerang lebih dulu dan memiliki peluang saat tendangan voli Bellingham berhasil diselamatkan oleh Hugo Lloris.

Preview Perempat Final Piala Dunia 2022: Prancis vs Inggris

Inggris memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-51 ketika Bokayo Saka dilanggar oleh Chuameni di area penalti dan The Three Lions layak mendapatkan penalti.

Harry Kane yang maju sebagai algojo sukses menjalankan tugasnya dan memperdaya Lloris untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-54.

Pasukan Didier Deschamps sekali lagi memimpin atas Inggris, kali ini dengan sundulan Olivier Giroud menyambut umpan silang Griezmann untuk menjadikannya 2-1 pada menit ke-78.

Pada menit ke-81, Inggris mendapat hadiah penalti kedua setelah Mason Mount dilanggar oleh Theo Hernandez, yang dibenarkan oleh wasit setelah tinjauan VAR.

Kane kembali dieksekusi, namun kali ini tembakan Kane meleset dari sasaran dan melambung di atas tiang gawang Prancis sehingga skor menjadi 2-1 untuk The Blues hingga akhir pertandingan.

Inggris Tak Boleh Terlalu Terlibat dengan Mbappe di Laga Melawan Prancis
Harry Kane Sebut Inggris Siap Hadapi Prancis

Pengkhotbah: Eldi Sultan
Editor: Teguh Handoko