jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – PT Pos Indonesia (Persero) menyalurkan bantuan berupa tabung gas kepada pengungsi erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, yang tinggal di pengungsian.

Dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, Kepala Pelaksana PT Pos Indonesia (Persero) Faizal R Djoemadi mengatakan, pihaknya langsung membagikan tabung gas kepada pengungsi erupsi Simero setelah mendengar warga kesulitan mendapatkannya.

“Ini bagian dari tanggung jawab sosial Pos Indonesia sebagai BUMN kepada masyarakat. Kami sudah membantu korban gempa Cianjur,” ujarnya saat mengunjungi korban bencana Gunung Sumeru di Kabupaten Lomajang untuk dievakuasi.

Sebelum memutuskan memberikan bantuan, lanjutnya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Lumajang untuk memastikan para korban letusan Sumeru mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan.

KAI Bantu Pengungsi Erupsi Gunung Sumeru

“Kemarin saya koordinasi dengan BNPB Lumajang, saya tanya kebutuhannya apa. Ternyata tabung gas ini untuk memasak di rumah-rumah pindahan. Faizal berkata: Kami bagikan tabung gas, kami ambil dari Jambar.

Sebelumnya, Raja Muda Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, pengungsi yang berada di relokasi bencana alam menghadapi masalah pasokan gas untuk kehidupan sehari-hari.

“Tabung gas di Lomajang sudah habis. Kami minta bantuan tabung gas. Mungkin banyak yang tidak menganggap ini kebutuhan hidup masyarakat. Karena sangat membantu banyak orang. Sulit bagi kami untuk mencarinya. kata deputi.

Warga yang rumahnya hancur mengalah pada pemerintah, katanya, namun persoalan belum tuntas karena masih ada kebutuhan lain.

PLN pulihkan jaringan listrik yang rusak akibat erupsi Gunung Sumeru

Ditambahkannya, kebutuhan tersebut antara lain ketersediaan tabung gas untuk keperluan memasak, saat ini tabung gas sulit ditemukan di Lomajang.

“Masyarakat terdampak erupsi Sumeru, begitu masuk rumah relokasi, semua kebutuhan pokoknya kami penuhi. Misalnya tabung gas, kompor, sendok, piring, tikar, bantal, termasuk pakaian yang kami kumpulkan dari masyarakat.

Gunung Sumeru kembali meletus pada Minggu, 4 Desember 2022. Akibat letusan itu, ribuan warga terpaksa mengungsi di sejumlah tempat. Semero kembali meletus pada Sabtu, 10 Desember 2022 pukul 05.53 WIB.

BNPB sumbang Rp 250 juta untuk penanggulangan bencana di Samru

Menurut data kantor kabupaten Kandipuru, sekitar 2.000 warga mengungsi di 21 lokasi, yakni sejumlah balai desa, masjid, dan lembaga pendidikan yang tersebar di kabupaten tersebut. Selain itu, ada juga warga yang menempati rumah sementara yang disediakan pemerintah.

Koresponden: Subagio
Editor: Bambang Sotopo Hadi