jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 14, 2024

JAKARTA (JurnalPagi) – Portugal melaju dengan nyaman ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Swiss 6-1 dalam pertemuan babak 16 besar di Stadion Lusail, Lusail, Rabu pagi WIB.

Goncalo Ramos mencetak tiga gol pada pertandingan ini, tiga gol lainnya dicetak oleh Pepe, Rafael Guerrero dan Rafael Liao. Sementara itu, gol hiburan Swiss dicetak oleh Manuel Akanji pada babak kedua.

Kemenangan ini melengkapi 8 tim yang lolos ke babak perempat final. Portugal akan menghadapi Maroko di babak perempat final Piala Dunia yang dijadwalkan digelar pada Sabtu malam (10/12).

Pelatih Portugal Fernando Santos memutuskan untuk tidak menurunkan kapten dan superstar tim nasional, Cristiano Ronaldo, dan malah memainkan peran sebagai penyerang muda berusia 21 tahun, Goncalo Ramos. Ban kapten dikenakan oleh bek veteran Pepe

Portugal memainkan permainan ofensif dan berhasil membuka peluang pada menit ke-19. Taruhan Santos untuk memainkan Ramos terbayar setelah dia mencetak gol lewat tembakannya yang mengarah ke pojok kanan gawang Swiss. Hasilnya adalah 1-0.

Swiss membalas dan nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-30 melalui tendangan bebas Xherdan Shaqiri. Kecepatan bola masih bisa ditangkap kiper Portugal, Diego Costa, dan diakhiri dengan sepak pojok.

Portugal menggandakan keunggulan tiga menit kemudian dengan sukses 2-0. Kali ini giliran Pepe yang mencetak gol lewat sundulan usai memanfaatkan sepak pojok Bruno Fernandes.

Tak ada gol tambahan yang tercipta hingga akhir babak pertama. Portugal mengalahkan Swiss dengan skor 2-0.

Usai jeda, Portugal terus mendominasi. Ramos mencetak gol keduanya pada menit ke-51 setelah menyelesaikan umpan cut-back Diego Dalot dari kanan. Hasilnya adalah 3-0.

Portugal menambah satu gol lagi di menit ke-55. Kali ini giliran Rafael Guerrero yang mengguncang gawang Swiss dengan tembakannya. Swiss tertinggal 0-4.

Swiss memperkecil selisih gol mereka pada menit ke-58 melalui gol Manuel Akanji setelah bola diekspos di depan gawang menyusul sepak pojok. Situasinya 4-1.

Ramos menjadi bintang pertandingan setelah mencetak gol ketiganya pada menit ke-67. Sundulan João Félix diselesaikan oleh Ramos dengan tendangan voli dari kiper Jan Sommer untuk membuat skor menjadi 5-1 untuk Portugal.

Cukup unggul, Santos memutuskan memainkan Cristiano Ronaldo sebagai pengganti Ramos pada menit ke-73. Ronaldo sempat mencetak gol pada menit ke-82, namun wasit menganulirnya karena berbau offside.

Ian Sommer harus memungut bola dari gawang pada menit ke-90. Kali ini gol dicetak oleh Rafael Liao dengan tembakan terukur di dekat garis area penalti. Kedudukan menjadi 6-1.

Gol tersebut sekaligus mengakhiri pertandingan. Portugal menang 6-1 melawan Swiss dan akan menghadapi Maroko di perempat final.

Sergio Busquets: Eliminasi dalam tendangan penalti adalah cara yang “kejam”.
Pelatih kepala Kroasia menyebut tim Brasil menakutkan di Piala Dunia 2022
Maroko masuk perempat final dengan menyingkirkan Spanyol lewat adu penalti

Mengantri:
Portugal (4-1-3-2): Diego Costa; Diego Dalot, Pepe, Ruben Dias, Rafael Guerrero; William Carvalho; Bernardo Silva (Ruben Neus 81), Ottavio (Vitinia 74 menit), Bruno Fernandez (Rafael Liao 87 menit); Joao Felix (Ricardo Horta 74 menit), Goncalo Ramos (Cristiano Ronaldo menit 74).

Swiss (4-2-3-1): Jan Sommer; Edimilson Fernandez, Fabian Char (Irai Komert 46 menit), Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Remo Froler (Denis Zakaria 54 menit), Granit Xhaka; Xherdan Shaqiri, Djibril Suh (Haris Sefrovic 54 menit), Ruben Vargas (Noah Oka selama 66 menit); Beryl Embolo (Ardon Jashari menit 89).

Koresponden: Hendry Sukma Indravan
Editor: Dadan Ramdani