Polsek Pasaman Gharb memantau jalan longsor dan memasang pagar pengaman jalan

Simpang Impat (JurnalPagi) –

Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat, Sumbar, langsung turun ke lapangan memantau dan mengatur lalu lintas di lokasi longsor yang menyebabkan akses jalan provinsi dari Simpang Empat hingga Talu, Kecamatan Talamao, terputus total pada Jumat dini hari.

“Akses jalan di Rimbo Crime Talamau terputus total akibat longsor. Di lokasi ini sudah kami pasang. Hambatan jalan Kata Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto melalui Kabag Operasi Kompol Muzhendra melalui telepon, Jumat pagi.

Menurut Kepala Operasional Kompol Muzhendra, jalan tersebut sempat longsor pada Kamis (7/3) sekitar pukul 22.45 WIB akibat hujan deras sejak Kamis sore.

Mendapat informasi tersebut, pihaknya dan Polsek Talameo langsung menuju lokasi longsor dan mengatur agar kendaraan dapat melewati jalan tersebut.

Ia mengatakan, akses jalan sulit bagi kendaraan roda dua dan roda empat, dan hujan terus mengguyur kawasan tersebut hingga Jumat dini hari.

Untuk menjaga keselamatan pengemudi, pihak sudah memasang sendiri Hambatan jalan di tengah kedua sisi jalan sebagai tanda tidak ada lalu lintas di jalan tersebut.

Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Polsek Panti di Kabupaten Pasaman untuk memasang rambu peringatan di kawasan Panti agar kendaraan tidak terlalu banyak bergerak menuju Talu.

Ia mengatakan, “Kami juga akan memasang rambu atau petunjuk peringatan bagi pengguna jalan di dekat Pasar Padang Tujuh, kawasan Pasaman, agar mobil tidak melaju terlalu jauh menuju Talu.”

Jalan Simpang Empat-Talo merupakan jalan provinsi yang menghubungkan dua kabupaten yaitu Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman. Selain itu, kendaraan juga menempuh perjalanan dari Medan, Sumut menuju Simpang Empat dan sebaliknya.

Hingga pukul 03.00 WIB, Polres Pasaman Barat masih berjaga di lokasi longsor untuk memberikan bantuan kepada masyarakat.

Ia mengatakan, bagi pengguna jalan, kami berharap untuk waspada di jalan Simpang Empat-Talo karena tempat ini sangat rawan terjadi longsor.

Lanjutnya, Kejahatan Rimbo merupakan wilayah yang terkena dampak gempa beberapa waktu lalu. Banyak jalan dan perbukitan di sekitar jalan juga mengalami longsor dan ban.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat mencatat sejumlah tempat terdampak longsor dan banjir hingga Jumat dini hari.

Sedangkan data sementara bencana alam yang diperoleh yaitu unit jembatan ambruk terendam air di Jorong Rura Patontang, Kecamatan Koto Balingka, banjir di Jorong Limpato Kajai, Talamau akibat meluapnya Sungai Batang Limpato dan meluapnya Kali Worong Limpato di Jorong Limpato Kajai, dan banjir di Jorong Limpato Kajai, .

Selain itu, pohon tumbang di Tampuniak, Kecamatan Kinali, dan banjir di Sialang, Kecamatan Sasak Ranah Passia.

Koresponden: Altas Molana
Editor : D.Dj. Clevantoro
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *