Poll: Gen Z dan traveler milenial berlibur untuk mengurangi stres

Jakarta (JurnalPagi) – Hasil survei RedDoorz Indonesia menunjukkan wisatawan Indonesia dari generasi Z dan kelompok milenial memilih berlibur untuk menghilangkan stres.

Berdasarkan informasi resmi yang diterima, Minggu, survei yang dilakukan pada akhir Desember 2023 hingga pertengahan Januari 2024 ini melibatkan responden pelanggan RedDoorz yang berasal dari kelompok Gen Z dan milenial yakni rentang usia 14-42 tahun dan Gen X. Kelompok umur 43-50 tahun

Sekitar 67 persen responden kelompok wisatawan Gen Z dan Milenial pergi berlibur karena ingin menghilangkan stres. Sedangkan 57% wisatawan berasal dari kalangan umumcukup waktu) dengan keluarga.

Wakil Presiden Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Umumkan Empat Tren Pariwisata di 2024

Survei tersebut juga menunjukkan preferensi liburan masing-masing kelompok wisatawan. Generasi Z dan milenial travel group lebih memilih mencari inspirasi liburan secara langsung dengan membuka media sosial. Sementara itu, kalangan travelling Gen X terus menikmati pencarian inspirasi liburan melalui Google.

Untuk pilihan destinasi liburan, Yogyakarta dan Bandung menjadi destinasi terpopuler tahun 2023 yang dipilih ketiga kelompok wisatawan tersebut.

Dari segi pemilihan momen atau waktu berlibur, ketiga kelompok wisatawan ini ternyata lebih memilih menghabiskan liburannya pada tiga momen penting seperti libur Natal dan Tahun Baru (40 persen), libur sekolah (38 persen), dan alasan alam. Bawaan (37 persen).

Prakiraan Tren dan Tantangan Pariwisata 5 Tahun Mendatang

Sementara rata-rata waktu liburan yang dihabiskan Gen Z dan Milenial adalah tiga hari, sedangkan Gen X cenderung menghabiskan waktu lebih lama, hingga tujuh hari.

Temuan menarik lainnya adalah 41% wisatawan Indonesia yang berasal dari generasi Z dan kelompok milenial lebih memilih merencanakan liburan spontan atau dadakan. Sementara itu, 29 persen wisatawan Gen X masih merencanakan liburannya beberapa bulan sebelumnya.

Perilaku wisatawan Gen Z dan milenial yang spontan merencanakan liburan akan mempengaruhi kebiasaan memesan kamar hotelnya. Banyak wisatawan dari kalangan Gen Z dan milenial yang memesan hotel mulai H-1 hingga hari menginapnya.

Indef: Tren pariwisata 2024 lebih fokus pada lokal dan ‘slow travel’

Koresponden: Farhan Arda Nograha
Redaktur : Siti Zulikha
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *