jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Laga perdana Grup D di Volksparks Hamburg, Minggu malam pukul 20.00 WIB bisa disebut sebagai pertemuan dua tim yang bertradisi sepak bola menyerang, namun ada satu tim yang tertatih-tatih karena mantranya. Robert Lewandowski tidak bisa menjadi starter karena cedera.

Belanda mencoba memanfaatkan kecacatan Polandia akibat absennya salah satu pemain terhebat dalam sejarah sepak bola Polandia.

Dengan 82 gol untuk tim nasionalnya, Lewandowski menjadi pencetak gol terbanyak keempat dunia setelah Cristiano Ronaldo (130), Romelu Lukaku (85) dan Ferenc Puskas (84).

Absennya Lewandowski menambah beban berat di pundak Polandia; Polandia bertujuan untuk mencapai final Euro 2024 setelah mengalahkan Wales melalui adu penalti di babak play-off.

Lewandowski Absen di Laga Polandia Vs Belanda

Sebaliknya Belanda lolos sebagai runner-up Grup B di belakang Prancis yang dua kali mengalahkan mereka di kualifikasi Euro 2024. Kedua negara kembali pulang ke final Euro 2024.

Belanda menjadi favorit juara, apalagi Si Oranye punya rekor hampir di setiap turnamen besar sepak bola dunia yang mereka ikuti.

Sering dianggap sebagai tim terhebat yang belum pernah menjuarai Piala Dunia dan kerap menghasilkan generasi emas sepak bola, Belanda telah berpartisipasi di 10 Piala Eropa, salah satunya berakhir dengan baik di Euro 1988.

Tim yang saat ini dilatih Ronald Koeman itu sudah tiga kali melaju ke final Piala Dunia, namun hanya finis sebagai runner-up pada tahun 1974, 1978, dan 2010.

Sementara itu, pencapaian terbaik Polandia di Piala Eropa adalah babak perempat final Euro 2016, di mana Lewandowski berperan sentral bagi timnya.

Total, Polandia yang kini dilatih Michal Probierz sudah lima kali mencapai final Piala Eropa, termasuk menjadi tuan rumah pada 2012.

Jumlah penampilan mereka di Piala Dunia hampir sama banyaknya dengan Belanda, yaitu sembilan kali. Mereka dua kali finis ketiga di Piala Dunia 1974 dan 1982, yang merupakan era keemasan sepak bola Polandia.

Absennya Frenkie de Jong di Euro 2024 untuk Timnas Belanda sudah terkonfirmasi.
Jan Maatsen Gantikan De Jong Gabung Tim Belanda

Halaman selanjutnya: Kebingungan antara rasa khawatir dan rasa percaya diri yang tinggi

Hak Cipta © JurnalPagi 2024