PLN UIP Sulawesi menyediakan tiga pembangkit listrik dengan energi GI 150 kV

Ketiga pembangkit listrik ini merupakan Pengembangan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK) dan akan menopang perekonomian Sulawesi

Makassar (JurnalPagi) – Unit pengembangan utama PLN (UIP) Sulawesi tegangan pertama atau memberi energi Untuk tiga pembangkit yakni Gardu Induk (GI) Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Palu 3 150 kV, GI Tawaeli 150 kV, dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV PLTU Palu 3 – Tawaeli.

“Inilah tiga pembangkit Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK) yang akan menopang perekonomian di Sulawesi,” kata General Manager PLN UIP Sulawesi Josua Simangukalit di Makassar, Senin.

Ia mengatakan keberhasilan pembangunan pabrik ini berkat dukungan pemangku kepentingan terkait antara lain pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, pemerintah kota/kabupaten, aparat penegak hukum, dan masyarakat sekitar pembangunan.

Sehubungan dengan itu, pihak mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah mendukung kelancaran pelaksanaan pekerjaan ini dan meminta dukungan terhadap pekerjaan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan lainnya yang saat ini sedang berlangsung di Sulawesi Tengah.

Lanjutnya, pengoperasian jaringan ini untuk mendukung pembangunan PLTU Palu 3 berkapasitas 2 x 50 MW yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan. Pabrik tersebut rencananya akan diluncurkan pada tahun 2024.

Sedangkan SUTT PLTU Palu 3 – Tawaeli 150 kV yang telah berhasil diselesaikan akan membongkar listrik dari PLTU Palu 3 untuk disalurkan kepada masyarakat di Sulawesi Tengah.

Manajer Unit Pelaksana Proyek (UPP) Sulawesi Selatan Renard Parama Ariopotro menjelaskan, pekerjaan ini merupakan kelanjutan dari pembangunan GI dan SUTT 150kV Tawaeli – Talise yang akan beroperasi pada Januari 2024.

“Selanjutnya, saluran transmisi ini akan kami selesaikan ke Gardu Induk Tambo 150kV di Kecamatan Mapane, Kabupaten Dongalla, dimana pembangunan ini merupakan progres dari pekerjaan ke depan untuk menghubungkan Sulawesi Central Power System ke Gorontalo,” ujarnya.

Renard menambahkan, proyek SUTT PLTU Palu 3 – Tawaeli 150 KV memiliki panjang jaringan 24.844 km dengan 37 tiang, membentang dari PLTU Palu 3 hingga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu.

“Pengoperasian pembangunan infrastruktur ini merupakan wujud komitmen PLN dalam menyediakan tenaga listrik yang andal melalui pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan untuk mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Palau dan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tengah,” tutup Renard.

PLN Sulselrabar Siaga 24 Jam Sediakan Listrik untuk Pemilu 2024.
Srikandi PLN Nyalakan Listrik untuk Warga Kurang Mampu di Sulawesi Selatan

Koresponden: Suryani Mappong
Editor: Ahmed Wijaya
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *