Pj Gubernur Jatim: Pembangunan smelter akan mendongkrak perekonomian

Dalam hal lapangan kerja, tenaga kerja konstruksi Zob telah menarik sekitar 30.000 orang.

Surabaya (JurnalPagi) –

Pj Gubernur Jatim Adi Kariono optimistis dengan dibangunnya pabrik pengolahan hasil mineral (smelter) oleh PT Freeport Indonesia di Kabupaten Gresik bisa menciptakan. Efek perkalian Sehingga memperkuat perekonomian masyarakat.

Saat mengunjungi Vice President Government Relations and Technical Support (VP) PT Freeport Indonesia Hari Pankasakti di Gedung Negara Gerahadi, Surabaya, ia mengatakan, dari sisi lapangan kerja, total tenaga kerja konstruksi smelter telah menarik sekitar 30.000 orang. Jumat

Komposisi tenaga kerja pembangunan smelter yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik ini umumnya 99% tenaga kerja Indonesia. Sekitar 60% diantaranya adalah pekerja dari wilayah Jawa Timur.

Smelter tersebut merupakan yang kedua yang dibangun oleh PT Freeport Indonesia, setelah yang pertama dibangun pada tahun 1996 dan dikelola oleh PT Smelting.

Dalam pembangunan smelter kedua ini, PT Freeport Indonesia telah melakukan investasi hingga USD 3,1 miliar atau Rp 48 triliun hingga akhir Desember 2023.

Konstruksinya dijadwalkan selesai pada pertengahan 2024 dan diharapkan mulai beroperasi sebelum akhir tahun.

Pabrik peleburan tembaga dengan Desain garis tunggal Pabrik terbesar di dunia ini mampu memurnikan konsentrat tembaga dengan kapasitas produksi 1,7 juta ton dan menghasilkan katoda tembaga hingga 600.000 ton per tahun.

Ditegaskan Inspektur Adhahi, kebutuhan air untuk pabrik peleburan disuplai oleh Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ambulan melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Gresik dengan laju 150 liter per detik.

Edhi optimis dengan dimulainya smelter tersebut maka perputaran perekonomian sektor UMKM akan semakin besar.

Beliau mengatakan: “Karena usaha kecil dan menengah merupakan sebuah persaingan usaha, maka kami berharap usaha kecil dan menengah harus menyambutnya dengan penuh persiapan. Saya berharap peluang usaha kecil dan menengah dapat diisi oleh masyarakat lokal.”

Pj Gubernur Adhy berharap, setiap pembangunan di Jatim dapat memberikan dampak langsung kepada masyarakat.

Ia mengatakan: “Pemerintah telah berusaha membuka peluang, pemerintah daerah dan masyarakat juga harus menyikapinya secara positif.”

Koresponden: Willy Yerevan/Hanif Nasrallah
Redaktur: Nusarina Yuliastuti
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *