Phenoxyethanol, pengawet untuk produk perawatan kulit dengan efek samping

sama Seperti produk makanan, saat mencari produk perawatan kulit Atau dandan Anda akan memperhatikan tanggal kedaluwarsa. memproduksi produk perawatan kulit Dan dandan Bisa bertahan lama karena kandungan fenoksietanolnya.

Dikutip dari DaftarPhenoxyethanol adalah senyawa kimia yang digunakan sebagai pengawet dalam produk kosmetik. Ini karena fenoksietanol bersifat antimikroba. Zat ini dinyatakan aman bila digunakan dengan dosis toleransi maksimal 1%. Sebagai pengawet, phenoxyethanol dapat menghambat bakteri dan mencegah tumbuhnya jamur dan ragi pada kosmetik Anda.

4 kebiasaan meningkatkan lemak kulit

Meski konon kandungan ini bisa menjaga umur simpan produk dandanBahkan, bisa menyebabkan kerusakan jika digunakan sembarangan. Awalnya, zat ini dikenal sebagai pengawet yang aman, namun ada laporan efek samping dari zat ini.

Meski phenoxyethanol bisa membuat produk perawatan kulit bertahan lebih lama, sebenarnya bisa menyebabkan kulit sensitif dan iritasi. (Foto: Pexels/Shine Diamond)

Bagi Anda yang alergi dengan bahan pengawet phenoxyethanol, tentunya harus menghindari penggunaan kosmetik, sabun dan tabir surya yang mengandung senyawa kimia ini. Ini karena fenoksietanol dapat menyebabkan reaksi alergi anafilaksis.

Bahan ini juga tidak baik dan tidak diperbolehkan untuk ibu hamil dan menyusui. Ini memengaruhi bayi karena mereka tidak dapat terpapar fenoksietanol dalam jumlah tinggi.

Perawatan kulit ras manusia, perawatan kulit ramah lingkungan dari Pharrell Williams

Pada tahun 2008, ada peringatan tentang krim puting Bliss Mommy yang dilaporkan membuat bayi terpapar bahan pengawet. Karena produk yang mengandung phenoxyethanol dapat berbahaya bagi bayi, seperti meningkatkan resiko gangguan pernafasan pada bayi.

Untuk mengetahui apakah Anda alergi atau tidak, sebaiknya lakukan patch test terlebih dahulu. (Foto: Pexels/Shine Diamond)

Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya lakukan uji tempel terlebih dahulu agar aman. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk mengetahui apakah kandungan ini cocok untuk kulit Anda. Anda juga dapat melakukan uji tempel di rumah dengan mengoleskan sedikit fenoksietanol ke pergelangan tangan dan mengamatinya selama 24 jam.

Meski mungkin ada beberapa kekurangan, sebenarnya ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari phenoxyethanol. Selain mampu menstabilkan produk perawatan kulit atau makeup serta memperpanjang masa simpan produk, phenoxyethanol juga dapat menghambat pertumbuhan mikroba. (Ya)

Pilihan cushion untuk kulit wajah kering dan berminyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.