jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 22, 2024

Dilanjutkan oleh tim gabungan

Jakarta (JurnalPagi) – Petugas Kampanye Gabungan (APK) membersihkan pembatas jalur sepeda (kerucut kayu) di jalan layang Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Tim gabungan Bawaslu, Kesbangpol, dan Satpel PP sudah melakukan tindak lanjut terhadap peserta pemilu pada Minggu, 14 Januari, kata Nanto Doi Sobekti, Kepala Satpel PP Jakarta Selatan, saat dihubungi pihak Jakarta.

Nantu menjelaskan, pihaknya melakukan penertiban sesuai instruksi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bavaslu) selaku penyelenggara pemilu 2024.

Penertiban yang dilakukan 61 personel gabungan pada Minggu (14/1) ini merupakan perintah hasil rapat gabungan Bawaslu dan Badan Aliansi Nasional dan Politik DKI Jakarta (Kesbangpol).

Penghapusan APK Pemilu Tertunda Bawaslu DKI

Menekankan kegiatan tersebut, ia menyatakan, sesuai Perbavaslu Nomor 11 Tahun 2023, pemantau pemilu sesuai kewenangannya masing-masing melakukan pengawasan terhadap pembersihan APK yang dilakukan peserta pemilu.

Ia menjelaskan, “Karena di Perbavaslu Nomor 11 Tahun 2023 sudah tidak ada lagi imbauan kepada Satpol PP. Oleh karena itu, semuanya harus dilakukan dengan Kesbangpol.”

Oleh karena itu, dia menegaskan, jika masih dalam masa kampanye, Satpol PP tidak bisa bergerak untuk membatalkan APK kecuali ada arahan dari Bavaslu.

Artinya, pembersihan APK diperbolehkan oleh hukum hanya selama masa tenang.

Disarankan Tidak Memasang Tiang Iklan di Tiang Listrik

Ditegaskannya, Satpel partai tidak bisa langsung dikendalikan karena bukan penyelenggara pemilu dan yang berhak menegur parpol terkait adalah Bavaslu.

Hal ini juga diatur dalam Keputusan KPU DKI Nomor 363 tentang Lokasi Pemasangan Peralatan Kampanye di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta pada Pemilu 2024.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengumumkan penghapusan materi promosi (APK) Pemilu 2024 di tempat-tempat terlarang di Jakarta menunggu keputusan Badan Pengawas Pemilu (BAWASLO) DKI Jakarta.

Termasuk file APK berbentuk bendera pada pembatas jalur sepeda (kerucut kayu) di jalan layang Rasuna Said, Jakarta Selatan, yang dilakukan sejumlah oknum partai politik.

Dandim Jaksel Tegaskan Wilayah TNI Bebas APK

Koresponden: Lutfia Miranda Putri
Editor: Eddie Sujatmiko
Hak Cipta © JurnalPagi 2024