Peter Hansel meraih kemenangan etapenya yang ke-50 di Dakar

JAKARTA (JurnalPagi) – Pembalap Prancis Stephane Peterhansel menyamai pebalap Finlandia Ari Vatanen untuk rekor kemenangan tercepat etape Dakar setelah memenangi etape kedua Endurance Rally di Arab Saudi, Minggu.

Mengendarai mobil listrik prototipe Audi, Peter Hansel menyelesaikan etape sepanjang 463 kilometer dari Al-Hanaqiya ke Al-Dawadimi dalam waktu tercepat, mengalahkan juara reli dunia sembilan kali Sébastien Loeb, yang menempati posisi kedua dengan mobil ProDrive dengan selisih 29 detik.

Berdasarkan laman resmi Dakar, Seth Quintero melengkapi podium tiga menit 11 detik kemudian untuk Tim Toyota.

Prestasi tersebut merupakan kemenangan etape ke-50 Peterhansel di kategori mobil, sehingga total pebalap kawakan itu meraih 83 kemenangan termasuk kategori sepeda motor.

Ekström bawa Audi meraih kemenangan di kualifikasi Dakar 2024

Sementara itu, rekan setimnya di Audi Carlos Sainz menduduki puncak klasemen keseluruhan dengan selisih satu menit 51 detik atas pembalap tuan rumah Yazid Al-Rajhi dari tim ODrive Toyota.

Sementara itu, Loeb, yang mengincar gelar Dakar pertamanya, mengungguli veteran Spanyol itu di posisi ketiga dengan selisih empat menit 17 detik.

“Kami mengatur waktu yang baik hari ini dan menikmati berkendara dengan trek yang indah dan pegunungan pasir di pagi hari,” kata Peterhansel.

“Hari ini tidak ada trek yang mulus, tidak ada kesalahan navigasi, jadi ini adalah etape yang bagus. Kemarin mengecewakan karena saya tidak bisa berkendara dengan baik di bebatuan.”

Al-Attiyah bidik juara Dakar keenam

“Dakar masih jauh,” kata Pieterhansel yang berpeluang besar menyalip rekor Vatnen di Dakar tahun ini.

Dia adalah legenda. “Saat dia membalap di Dakar, dia sering memenangi tahapan dan keseluruhan… tapi itu berarti saya masih punya peluang untuk mengalahkannya.”

Juara bertahan Nasser Al-Attiyah finis keempat dan saat ini tertinggal 12 menit 16 detik dari Sainz di peringkat ketujuh klasemen.

Pada kategori sepeda motor, Tim Hero Cabang Ross masih menguasai klasifikasi umum dengan selisih dua menit 55 detik dari Jose Ignacio Cornejo Florimo yang menjadi juara etape hari ini bersama Tim Honda.

Juara Dakar 2020 Ricky Braback finis ketiga dengan selisih tujuh menit 15 detik.

Sementara itu, pembalap asal Spanyol Carles Falcon dilarikan ke RS Al-Dawadimi karena mengalami luka serius setelah terjatuh dari sepeda motornya.

Falcon, yang membalap untuk tim Twin Trail Racing, berada di urutan ke-76 klasemen setelah putaran hari Sabtu.

Bantu Pesaing Jatuh, Cabang Juara Tahap Pertama Dakar 2024
Benavides dan Price Siapkan Strategi Terbaik Taklukkan Dakar 2024

Koresponden : Aditya Eko Sigit Vikasono
Redaktur: Ervan Sohairondi
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *