jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

RIYADH, Arab Saudi (JurnalPagi) – Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Putra Mahkota Kuwait Sheikh Meshaal Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah di Riyadh pada Kamis (12/8/12).

Menekankan bahwa China mendukung Kuwait dalam melindungi kedaulatan nasional dan integritas teritorialnya, Xi memuji Kuwait karena mematuhi prinsip satu China, serta mendukung China dalam masalah yang berkaitan dengan kepentingan inti China, termasuk Hong Kong, Taiwan, dan Xinjiang.

Xi mengatakan China bersedia untuk terus menjadi mitra terpercaya Kuwait dan bekerja sama dengan Kuwait untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi hubungan China-Kuwait.

Xi menekankan bahwa China mendukung Kuwait dalam implementasi Visi 2035 dan siap memperkuat keselarasan strategi pembangunan kedua negara, berpartisipasi aktif dalam pembangunan proyek-proyek besar Kuwait, dari potensi kerja sama energi baru, komunikasi 5G , gunakan ekonomi digital. dan bidang lainnya serta mendukung pertukaran dan kerja sama budaya.

Xi mengatakan KTT (KTT) China-Arab pertama dan pertemuan pertama Dewan Kerjasama China-Teluk (GCC) adalah peristiwa penting. Dia menambahkan: China siap bekerja sama dengan Kuwait untuk lebih mengembangkan hubungan China-Arab dan China-GCC.

Xi memuji Kuwait karena mendukung inisiatif pembangunan global dan mengatakan China mengucapkan selamat kepada Kuwait karena telah menjadi mitra dialog Organisasi Kerjasama Shanghai dan anggota Konferensi tentang Interaksi dan Tindakan Membangun Keyakinan di Asia (CICA).

Xi mengatakan bahwa China siap memperkuat komunikasi dan koordinasi dengan Kuwait dalam urusan regional dan internasional untuk berkontribusi pada pembangunan bersama dan keamanan seluruh negara.

 

Putra Mahkota Kuwait menyebut Tiongkok sebagai negara yang hebat dan berkata: Kuwait dan Tiongkok memiliki persahabatan jangka panjang dan kedua negara itu sedekat saudara.

Dia menyatakan bahwa China berkomitmen untuk kesetaraan semua negara, besar dan kecil, dan tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain, dan berkata: China juga berkomitmen untuk kesejahteraan rakyat dunia.

Dia menambahkan: Serangkaian inisiatif dan langkah penting yang diusulkan oleh China berguna bagi dunia.

Mengatakan bahwa Kuwait akan selalu menjadi sahabat China, Putra Mahkota Kuwait mengucapkan selamat kepada Xi atas nama bangsa Kuwait atas terpilihnya kembali sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis China.

Ia percaya bahwa di bawah kepemimpinan Xi yang bijak, Tiongkok akan terus berkembang dan mengemban misi mewujudkan peremajaan besar bangsa Tiongkok.

Menurut laporan Xinhua pada hari Jumat, dia mengatakan bahwa pihak Kuwait menganut prinsip satu China dan siap melakukan upaya bersama dengan China untuk memperdalam kerja sama yang saling menguntungkan di berbagai bidang dan menciptakan prospek baru untuk hubungan strategis bilateral.

Penerjemah: Xinhua