Persiapkan ketahanan fisik anak Anda untuk kembali bersekolah

Cassandra Potranto, psikolog klinis lulusan Universitas Indonesia, mengatakan mempersiapkan anak masuk sekolah setelah libur panjang perlu dibangun kelenturan fisik sejak dini.

Dalam wawancara tertulis dengan JurnalPagi, Minggu, Kassandra mengatakan, “Persiapan yang dimaksud tidak bisa hanya menjelang Idul Fitri, tapi harus membangun ketahanan fisik dan mental sejak dini.”

Ia menilai perlu diciptakan ketahanan fisik dan mental agar anak-anak siap menghadapi aktivitas sekolah setelah libur panjang saat Idul Fitri.

Selain itu anak juga perlu dibina kebiasaan, kedisiplinan, motivasi belajar yang tinggi dan tanggung jawab yang harus dipupuk sejak dini agar anak selalu siap menghadapi sekolah.

Psikolog Berikan Tips Mempersiapkan Anak Kembali Sekolah Usai Liburan

Jika kompetensi tersebut dikembangkan sejak dini, kata Cassandra, orang tua tidak akan kesulitan mendorong anaknya kembali bersekolah karena rasa tanggung jawab menyelesaikan tugas sekolah sudah ditanamkan dalam diri mereka.

“Kalau semua kualifikasi dibentuk sejak dini, kalimat afirmatif yang diberikan lebih sedikit dan tidak perlu repot,” tulisnya.

Selain itu, Cassandra juga tak memungkiri masih ada anak yang merasa malas kembali ke sekolah. Sebab, anak mungkin merasa tertekan dengan rutinitas belajar saat masuk sekolah.

Psikolog: Jika Anak Anda Tak Mau Sekolah Usai Liburan, Jangan Diabaikan.

Alasan lain mengapa anak sering merasa malas berangkat ke sekolah adalah karena merasa masih terpengaruh suasana liburan. Namun jika rasa tanggung jawab ditanamkan sejak dini, Cassandra mengatakan hal itu tidak akan menjadi beban atau masalah.

“Secara umum, anak-anak masih dipengaruhi oleh kebiasaan liburan, begadang, istirahat, dan menolak kembali rutinitas belajar yang dirasa memberatkan. “Tetapi dengan peraturan yang sudah ditetapkan sejak dini, seharusnya hal itu tidak menjadi masalah lagi,” jelasnya.

Lanjutnya, keengganan anak untuk kembali bersekolah bisa berdampak kumulatif jika ia tidak siap kembali bersekolah sejak awal.

Untuk itu para orang tua diminta untuk terus membentuk karakter anak sejak dini agar anak siap kembali bersekolah setiap libur panjang dan menanamkan tanggung jawab bahwa sekolah merupakan kegiatan rutin yang wajib dilakukan.

Pekerjaan dan Sekolah Anak Jadi Alasan Pemudik Pulang Lebih Awal

Perjuangan Guru di Bondowoso Yakinkan Siswanya Kembali Sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *