Persiapan individu untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20

Solo (JurnalPagi) – Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) mengumumkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Karena pandemi COVID-19, FIFA kemudian menunda acara tersebut hingga 2023.

Menteri Olahraga dan Pemuda (Manpura) Zainuddin Amali juga menyatakan FIFA mengapresiasi komitmen pemerintah Indonesia dalam mempersiapkan tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 yang dijadwalkan digelar di enam stadion mulai 20 Mei hingga 11 Juni 2023. .lambat

Pemerintah Indonesia pun segera memenuhi syarat dan standar sejumlah venue pertandingan sepak bola internasional yang disiapkan untuk ditetapkan oleh Federasi Sepak Bola Internasional.

Pemerintah mengambil tindakan dan memenuhi apa yang diinginkan FIFA menjadi standar. Misalnya perbaikan rumput, kemudian modifikasi pencahayaan yang sudah disiapkan, termasuk tata letak lingkungan stadion utama yang akan digunakan untuk pertandingan sepak bola.

Bahkan, pemda yang stadionnya akan digunakan untuk Piala Dunia U20 tahun ini terus melakukan persiapan. Enam venue yakni Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Glora Bong Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Glora Bong Tumo (Surabaya), Stadion First Captain Wayan Dipta (Gyanyar, Bali) dan Stadion Manahan (Solo, Tengah). Java) juga telah mempersiapkan diri untuk sukses di kompetisi internasional yang bergengsi ini.

Salah satunya adalah Stadion Manahan yang digunakan untuk persiapan Piala Dunia U20. Pemkot Surakarta berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kemenpora untuk mengatasi kekurangan tersebut sesuai dengan standar FIFA.

Selain itu, Pemkot Surakarta telah menyiapkan lima bidang tanah untuk direnovasi. Lima lapangan yakni Stadion Manahan untuk venue utama dan empat lapangan pendukung untuk latihan tim-tim peserta Piala Dunia.

Rini Kusumandri, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Indesh, mengatakan pihaknya berencana memperbaiki Stadion Menahan yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 pada Mei hingga Juni mendatang.

Sebanyak lima lapangan telah direkonstruksi pada pertengahan Januari. Kelima venue tersebut terletak di Stadion Manahan sebagai stadion utama dan empat stadion pendukung, yakni stadion Srivadhari, Kotabarat, Srivaru, dan Banivanyar.

Pemkot Surakarta berencana memperbaiki Stadion Manahan dan mulai bekerja pada Januari tahun ini. Kemudian untuk empat lapangan penyangga, perbaikan difokuskan pada restorasi turf yang dimulai sejak 16 Januari lalu. Dua bulan sebelum digunakan, lampu stadion diperiksa.

Arena Tunggal Monahan ditutup selama perbaikan, jadi tidak ada pertandingan yang berlangsung. Dia dikebiri dari Januari tahun ini, lalu April, hingga Mei sebelum Hari-H Piala Dunia. Jadi ditutup sampai akhir Piala Dunia. Selama ditutup, semua event non-Piala Dunia tidak bisa menggunakan Stadion Manahan.

FIFA memeriksa stadion

Untuk persiapan Piala Dunia U-20, tim perwakilan FIFA meninjau Stadion Perorangan Menahan dan empat lapangan pendukung pada awal Januari atau menjelang renovasi.

Tim perwakilan FIFA berjumlah empat orang, didampingi perwakilan PSSI, Kementerian BUMN, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, perwakilan PLN dan Pemkot Surakarta melakukan inspeksi menyeluruh ke stadion.

Diaspora Kota Surakarta mencatat ada empat perwakilan dari FIFA yang hadir, yakni Christian Schmolzer sebagai project manager, Sunny (venue manager), Anke Becker (safety and security manager), dan Ross Maclan (technical services manager).

FIFA mengapresiasi komunikasi dan koordinasi yang baik dengan semua pihak yang telah menunjukkan kinerja yang baik setelah mendengar pemaparan persiapan Stadion Manahan oleh PLN, Kementerian PUPR, Kementerian PUPR, Pemkot Surakarta dan PSSI. Di Stadion Manahan

Hasil inspeksi FIFA menunjukkan ada hal-hal yang perlu diperbaiki di Stadion Manahan, misalnya masalah rumput, toilet difabel, perbaikan toilet, penambahan CCTV, pemasangan karpet anti slip, serta akses tambahan. Bus yang membawa pemain ke stadion dan penghalang di tribun harus disingkirkan.

FIFA menginginkan akses bus pemain yang saat ini sedang dalam rencana kerja renovasi, artinya pintu di luar stadion akan diganti langsung dengan pintu di dalam. Jadi para pemain langsung turun melalui pintu dalam.

Selain itu, lapangan rumput Stadion Manahan juga diagendakan direnovasi sebelum digunakan dalam pertandingan Piala Dunia. Penerangan stadion sudah sesuai standar internasional, namun untuk mencapai beban puncak, listrik perlu ditingkatkan menjadi 630 kVA. Listrik Stadion Tunggal Menahan saat ini sudah cukup 555 KVA.

Pekerjaan renovasi Stadion Tunggal Menahan dimulai sejak 16 Februari hingga akhir Maret oleh Kementerian PUPR. Memasuki April, semuanya harus steril, karena Mei dan Juni digunakan untuk Piala Dunia U20.

Pada prinsipnya, FIFA mengapresiasi persiapan yang baik di Menahan Individual Stadium dan berterima kasih kepada semua tim yang telah mempersiapkan venue. Tim FIFA juga meninjau empat lapangan pendukung untuk latihan para pemain peserta Piala Dunia U-20.

Renovasi tempat

Pemkot Surakarta berkoordinasi dengan Kementerian PUPR telah melakukan renovasi untuk perbaikan Stadion Perorangan Manahan dan empat lapangan pendukung untuk latihan tim-tim peserta Piala Dunia U-20 sebelum penyelenggaraannya.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakaboming Raka mengatakan perbaikan sudah dilakukan untuk persiapan Piala Dunia mulai Januari ini dan diperkirakan selesai akhir Maret mendatang. Perbaikan meliputi lima lokasi.

Untuk kepanitiaan dan keperluan lainnya, tuan rumah dari tingkat kota wajib melakukannya, sedangkan pembangunannya dilakukan oleh Kementerian PUPR.

Persijapan Piala Dunia U-20 di Stadion Tunggal Menahan yakni renovasi venue saat ini sedang berlangsung dan akan selesai pada akhir Maret 2023.

Renovasi Stadion Perorangan Menahan termasuk peningkatan kualitas lapangan rumput dan penambahan counter lantai licinpemasangan rumput sintetis di sekitar FOP, perbaikan toilet penonton pria, wanita dan difabel, perbaikan stand media, pembuatan kamera tempat tidur, latar belakangPenambahan CCTV, perusakan pagar anjungan yang menghalangi pandangan penonton, penambahan tiang benderaurutan wilayah, Pengaturan pengujian Lampu lapangan atau dilakukan dua bulan sebelum pertandingan, perbaikan lampu parkir dan jalur parkir.
.
Untuk lapangan pendukung latihan tim-tim peserta Piala Dunia U-20 di Baniwanyar, renovasi meliputi perawatan rumput lapangan, penambahan lapisan anti slip, penataan area, Pengaturan pengujian Bola lampu FOP dilakukan atau dua bulan sebelum pertandingan. West Shahr Square meliputi perawatan rumput peternakan, penambahan lapisan anti slip, tata letak area, penambahan nomor kamera CCTV, pemasangan. Tandai, luncurkan tes Bola lampu FOP dilakukan atau dua bulan sebelum pertandingan.

Dukungan lapangan lain untuk Stadion Srivadhari termasuk pemeliharaan rumput, penambahan lapisan anti selip, penggantian lampu FOP, dll. Pengaturan pengujian, urutan wilayah. Lahan Srivaro, pemeliharaan rumput pertanian, penambahan lapisan anti selip, penataan areal, perbaikan pagar, Pengaturan pengujian Bola lampu FOP dilakukan atau dua bulan sebelum pertandingan.

Ada beberapa perbaikan serta peningkatan kualitas, tetapi hanya minor. Maksudnya di sini renovasi hanya dilakukan dalam perbaikan kecil dan bukan dalam bentuk konstruksi besar.

Sebelum dilakukan perbaikan, Stadion Perorangan Menahan digunakan untuk berbagai kegiatan, antara lain putaran pertama pertandingan sepak bola League One dan putaran ke-48 Muktamar Mohammadiyeh dan Aisyeh. Namun, kemajuan perbaikan kecil.

Bahkan, Pemkot Surakarta juga telah melakukan penataan untuk mempercantik pelataran Stadion Solo Menahan dengan mempercepat penyelesaian shelter. Lapangan stadion Manahan semakin bagus, ada juga tugu peringatan APG 2022 di sebelah pintu utara dan penataan shelter UMKM juga ditata dengan baik.

Selamat datang di Piala Dunia

Gibran mengumumkan dukungan masyarakat Solo untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia kali ini. Hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat yang sangat besar, dan kini Pemkot Surakarta sedang menunggu koordinasi dengan panitia. Karena dipastikan sebelum dimulainya Piala Dunia akan ada sosialisasi pra event yang saat itu masih menunggu informasi termasuk pengenalan maskot Piala Dunia U-20.

Kota Solo, Jawa Tengah, telah menjadi tuan rumah ASEAN Para Games (APG) 2022 dan para relawan serta semua pihak telah menunjukkan dukungannya. Piala Dunia adalah acara yang lebih besar dengan lebih banyak tamu dan negara peserta yang lebih besar. Harapannya, perhelatan Piala Dunia berjalan lancar seperti APG run.

Usai Piala Dunia U20, venue bisa digunakan oleh warga atau umum. Hal ini untuk menjawab pertanyaan dari masyarakat yang menanyakan apakah string ini bisa digunakan untuk umum.

Terkait pembukaan Piala Dunia U-20, Pemkot Surakarta telah berkoordinasi dengan Visnothama yang bertanggung jawab atas pembukaan dan penutupan acara tersebut.

Putra sulung Presiden Jokowi itu mengatakan: “Anda bisa menunggu atau tidak. Kami ingin upacara pembukaan dan pertandingan final digelar di Stadion Tunggal Manahan.”

Solo akan menjadi tuan rumah yang baik karena suporter Pasupathi, Surakarta dan Garris Cross dikenal sangat rutin, terutama saat Persis bermain.

Penggemar solo sudah terbiasa, seperti tidak diperbolehkan menyalakannya Sharara Dan botol tidak boleh dilempar selama pertandingan.

Stadion tunggal Menahan sudah siap, hotel, sekretariat panitia dan relawan juga sudah siap. Kota Solo sudah terbiasa menyelenggarakan kegiatan baik di tingkat nasional maupun internasional. Jika melihat ajang APG, tingkat kesulitannya pasti lebih tinggi dari Piala Dunia ini karena banyak sekali cabang olahraga yang dipertandingkan.

Editor: Masukkan M. Astro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *