Perjalanan gemilang Indonesia di Piala Asia terhenti oleh Australia

Jakarta (JurnalPagi) – Setelah mencatatkan sejarah gemilang dengan mencapai babak 16 besar, Timnas Indonesia harus mengakhiri perjalanannya di Piala Asia 2023 dengan kekalahan 0-4 melawan Timnas Australia di babak 16 besar di Jassim. Stadion Bin Hamad, Doha, Minggu.

Menurut catatan AFC, Australia berhasil unggul dua gol lewat Elkann Bagot (Foundation), Martin Boyle, Craig Goodwin, dan Harry Suttar.

Pada babak selanjutnya, Australia akan menghadapi pemenang pertandingan antara Arab Saudi dan Korea Selatan pada babak perempat final Jumat (2/2) mendatang di Stadion Al-Janoob Al-Wakrah.

Pada babak pertama, Australia mengambil inisiatif menyerang, namun Indonesia mendapat peluang pertama ketika tembakan Rafael Struik masih melebar dari mistar gawang Matt Ryan.

Australia akhirnya berhasil mencetak gol pertama pada menit ke-12 melalui tembakan Jackson Irvine yang berujung gol bunuh diri Elkan Bagot dan skor berubah menjadi 1-0.

Indonesia lepas dari tekanan dan sempat mendapat peluang lewat tembakan Justin Habner, namun masih tepat di pelukan Matt Ryan.

Tim Garuda terus berusaha mencari gol penyeimbang melalui upaya Jacob Sayori dan Marcelino Ferdinan, namun dua peluang tersebut masih belum membuahkan hasil.

Kemudian di babak kedua, permainan berjalan dengan tempo sedang, namun Australia lebih mendominasi dan Indonesia tak bisa lepas dari tekanan.

Socceroos nyaris menggandakan keunggulan melalui Mitchell Duke setelah memanfaatkan kesalahan Elkan Bagot, namun tendangannya masih melebar dari gawang Indonesia.

Australia kembali mendapat peluang lewat tembakan Nathaniel Atkinson dari luar kotak penalti yang kembali meleset dari sasaran.

Pasukan Graham Arnold sukses memperbesar keunggulan menjadi 3-0 melalui gol Craig Goodwin menyusul sundulan Jackson Irwin pada menit ke-89.

Hanya berselang dua menit, Australia memperbesar keunggulan menjadi 4-0 melalui tendangan bebas Harry Sutar yang mengarah ke belakang gawang Hernando Arri.

Australia terus mendominasi sisa pertandingan dan skor tetap bertahan 4-0 hingga peluit akhir berbunyi.

Susunan timnas Australia dan Indonesia adalah sebagai berikut:

Australia (4-3-3): Matthew Ryan (GK); Gethin Jones (Nathaniel Atkinson 69 menit), Harry Southar, Kay Rawls, Pantai Aziz; Riley McGarry (Connor Metcalf 61), Keanu Backus (Aidan O’Neill 87), Jackson Irvine; Martin Boyle, Bruno Fornaroli (Mitchell Duke 61 menit), Jordan Bos (Craig Goodwin 87 menit).

Koresponden: Eldi Sultan
Redaktur: Dadan Ramdani
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *