Perbedaan Oil Cleanser dan Micellar Water, Pilih Mana untuk Wajah Anda?

Jakarta

Terkadang, sulit untuk menghapus riasan wajah atau makeup hanya dengan air. Untungnya, ada berbagai produk pembersih yang berguna untuk membersihkan wajah dari kotoran dan riasan. Dua di antaranya yang sering kita dengar adalah oil cleanser dan micellar water.

Deterjen mungkin belum tahu harus menggunakan produk yang mana karena masih bingung membedakan oil cleanser dan micellar water. Tenang saja, perbedaan keduanya sangat sederhana dan cara menentukan produk yang tepat untuk wajah juga tidak sulit. Simak artikel di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Perbedaan antara pembersih minyak dan air misel

Perbedaan oil cleanser dan micellar water terletak pada komposisi dan cara membersihkan kotorannya. Ada 2 jenis pembersih yang umum ditemukan, yaitu pembersih berbahan dasar air dan pembersih berbahan dasar minyak.

Periklanan

Gulir untuk melanjutkan konten

Cara kerja pembersih berbahan dasar air adalah dengan membersihkan partikel dari lapisan atas kulit, menurut Lily Talakob, dokter kulit di Virginia, dikutip Sunday Edition. Hal ini dilakukan oleh zat yang disebut surfaktan.

Partikel yang larut dalam air, seperti debu dan polusi, terperangkap oleh surfaktan dan dikeluarkan dari kulit. Namun surfaktan juga dapat menghilangkan minyak alami pada kulit.

Micellar water adalah pembersih berbahan dasar air yang lembut di kulit. Produk ini menghilangkan polusi, bakteri dan riasan tanpa menyebabkan iritasi dan kekeringan pada kulit.

Bagaimana dengan pembersih minyak? Menurut Shari Marchbein, dokter kulit dan asisten profesor dermatologi di New York University, pembersih minyak bekerja dengan cara menyerap partikel minyak. Riasan berbahan dasar minyak, jadi pembersih minyak memecah partikel minyak agar lebih mudah dihilangkan dari kulit.

Talakob juga menambahkan: Pembersih minyak lebih lembut di kulit, karena lapisan lemak alami pada kulit tidak rusak.

Lebih baik pembersih minyak atau air misel?

Jadi, sebaiknya pilih pembersih minyak atau air misel? Jawabannya tergantung jenis kulit masing-masing orang.

Menurut Beauty Crew, jika kulit Anda berminyak dan rentan berjerawat, sebaiknya gunakan air misel yang tidak meninggalkan minyak di wajah.

Sedangkan jika Anda memiliki kulit wajah kering, pembersih yang berminyak lebih cocok karena membantu melembapkan kulit wajah.

Nah, itulah perbedaan oil cleanser dan micellar water. Kami harap artikel ini membantu mereka yang mencari produk pembersih. Jika Anda masih bingung memilih produk yang tepat untuk kulit wajah Anda, cobalah berkonsultasi dengan dokter kulit.

Menonton video”Tren perawatan kulit menggunakan siput albino di Suriah
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)







Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *