jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

KOMPAS.com – menggunakan perawatan kulit Vitamin C seperti serum, moisturizer, masker atau toner terkadang tidak cukup untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Manfaat utama vitamin C adalah melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan radikal bebas yang berlebihan.

Dilaporkan dari InStyleRadikal bebas dapat menyebabkan kulit tampak gelap, kusam, dan flek hitam yang mengganggu penampilan.

10 Manfaat Serum Vitamin C Tak Hanya untuk Mencerahkan Kulit

Meski manfaatnya cukup kuat untuk mencerahkan dan menghilangkan flek hitam pada kulit, namun perhatikan penggunaan bahan perawatan kulit ini untuk hasil yang optimal.

Hindari mencampur produk perawatan kulit vitamin C sembarangan dengan bahan lainnya. Jika tidak hati-hati, skincare ini bisa jadi kurang efektif atau malah menyebabkan iritasi kulit.

Periksa deskripsi perawatan kulit Vitamin C tidak dianjurkan untuk apa pun.

Ada beberapa bahan perawatan kulit yang tidak boleh dicampur dengan vitamin C. Berikut beberapa di antaranya:

Dilaporkan dari menjadi cantikManfaat Benzoil peroksida sering digunakan sebagai pengobatan jerawat ringan hingga sedang. Bahan aktif tersebut mengurangi bakteri penyebab jerawat sekaligus mencegah kulit kering.

Meskipun efektif untuk jerawat, perawatan kulit Vitamin C tidak boleh dicampur dengan benzoil peroksida. Pasalnya, benzoil peroksida dapat mengoksidasi vitamin C dan mengurangi efektivitas kedua zat tersebut.

Retinol merupakan senyawa yang sering digunakan untuk membantu melawan penuaan, mengurangi garis halus pada kulit, dan meningkatkan produksi kolagen.

Namun, perawatan kulit Vitamin C tidak boleh dicampur dengan retinol. Mencampur retinol dengan vitamin C dapat menyebabkan iritasi kulit seperti kemerahan, mengelupas, atau gatal.

Pakai serum vitamin C di pagi atau malam hari, mana yang lebih baik?

Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA) merupakan chemical exfoliator atau eksfoliator yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih, membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori, serta merangsang regenerasi kulit.

Padahal manfaatnya jika dipadukan dengan vitamin C sangat menjanjikan perawatan kulit Vitamin C tidak boleh dicampur dengan AHA/BHA.

Pasalnya, ketiga zat tersebut bersifat asam dan dapat menyebabkan iritasi kulit jika digunakan bersamaan.

Niacinamide adalah nutrisi yang dapat membantu membangun protein di kulit, meratakan warna kulit, memperbaiki ukuran pori-pori besar pada kulit, mencegah garis halus dan kerutan, serta mencerahkan kulit.

Tapi ingat, perawatan kulit vitamin C tidak boleh dicampur dengan niacinamide. Kedua zat ini menjadi tidak efektif bila digabungkan. Niacinamide dapat menghancurkan semua manfaat vitamin C dan mengubahnya menjadi pemicu jerawat.

Ingat, meski ada anjuran bahwa vitamin C tidak boleh dicampur dengan beberapa bahan di atas, bukan berarti harus. perawatan kulit Di atas tidak boleh digunakan dengan cara apa pun.

Jika Anda ingin menggunakannya dengan aman, gunakan dengan interval yang cukup. Misalnya vitamin C di pagi hari dan perawatan kulit yang sebaiknya tidak menggunakan vitamin C di malam hari. Atau gunakan hari yang berbeda.

Asam salisilat tidak bisa dipadukan dengan apa pun?



Dapatkan pembaruan Berita terpilih Dan berita terkini Setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link nya lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.