jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

CANTIKA.COM, Jakarta – Pasar produk skin care di Indonesia berkembang pesat karena hadirnya brand lokal yang semakin banyak di tanah air. Di tengah keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19, skin care lokal berhasil bertahan bahkan terus berkembang dengan diluncurkannya berbagai produk baru.

Bisa dikatakan kualitas merek kosmetik dalam negeri tidak kalah dengan merek buatan luar negeri. Banyak di antaranya telah dipublikasikan secara online dan menarik perhatian banyak pecinta kosmetik Indonesia.

Berikut beberapa produk perawatan kulit lokal terpopuler, yang dirangkum dalam Kaleidoscope 2022:

Jangan panggil aku seperti itu.

Something merupakan brand lokal yang cukup muda karena baru didirikan pada tahun 2019 oleh Irene Ursula. Meski masih sangat muda sebagai merek perawatan kulit baru, Something sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan popularitas merek lokal di kalangan anak muda Indonesia, Somethinc mampu meraih total keuntungan penjualan sebesar US$53,2 miliar.

Awalnya Something dikenal dengan berbagai produk serum perawatan kulitnya, kemudian brand lokal tersebut terus melebarkan sayapnya dan berinovasi dalam produk kosmetik. Beberapa produk makeup Somehinc antara lain cushion, bedak, highlighter, eyeshadow, dan masih banyak lagi.

Chishi juga merupakan salah satu brand lokal yang pernah berkolaborasi dengan public figure asal Korea Selatan, baru-baru ini mereka menunjuk Han Soo Hee sebagai brand ambassador. Ada nama khusus untuk bintang yang tidak tahu malu, guru kecantikan.

Dalam video perkenalan yang diunggah pada 5 Maret 2022 melalui Instagram resmi Somethinc, Su Hee mengatakan, “Saya seorang guru kecantikan dan saya sangat bangga menjadi bagian dari merek kecantikan terbaik Indonesia.” Juga berkolaborasi dengan NCT Dream sebagai Something Squad Leader.

2.Avoskin

Situs web Avoskin/Avoskin

Brand skin care lokal ini merupakan salah satu shadow brand dari inovasi teknologi PT AVO. Brand Avoskin muncul di tahun 2014 dengan pionir Anugra Pakreti sebagai pendiri brand skin care lokal ini. Seiring berjalannya waktu, Avoskin terus berkembang. Avoskin memiliki keuntungan penjualan 28 miliar.

Dikenal dengan “konsep kecantikan hijau”, produk merek perawatan kulit ini secara konsisten menggunakan bahan-bahan alami yang baik dan lembut seperti pohon teh, lidah buaya, dan raspberry. Maka jangan heran jika Avoskin menjadi salah satu brand skin care terbaik untuk mengatasi berbagai masalah kulit sensitif.

3.Scarlett

Brand perawatan kulit Scarlett secara resmi telah memperkenalkan produk anti jerawat terbarunya yang bernama Scarlett Acne Facial Wash/Foto: Dok: Scarlett.

Merek perawatan kulit lokal populer lainnya adalah Scarlett. Merek ini merupakan merek perawatan tubuh dari Indonesia dan dikenal dengan berbagai macam produk pemutih. Brand ini dipelopori oleh aktris cantik Felicia Angelista sebagai pendiri dari brand Scarlett ini. Total penjualan merek Scarlett dari April hingga Juni 2022 telah menembus Rp 40,9 miliar.

Brand Scarlett memiliki banyak produk, namun produk skin care favorit masyarakat Indonesia adalah body lotion, body scrub dan shampoo. Salah satu produk yang sering dijual adalah Scarlet Acne Whitening Serum.

Sejak berdiri, Scarlett Whiting sudah dua kali menggaet figur publik asal Korea Selatan untuk menjadi brand ambassador-nya. Mereka adalah Song Joong Ki yang diperkenalkan sebagai brand ambassador pada 5 September 2021, dan girl grup Twice pada 16 Oktober 2021.

4. Msglow

Brand kecantikan lokal MS Glow didirikan pada tahun 2013 oleh Shandy Purnamasari dan berhasil meraih keuntungan penjualan sebesar 29,4 miliar dari April hingga Juni 2022. MS Glow juga hadir menawarkan rangkaian produk perawatan kulit pencerah untuk merawat dan mencerahkan kulit. Kulit Kusam Efektif MS Glow Dengan diperkenalkannya produk andalannya MS Glow Men Skincare tidak hanya berfokus pada pengembangan produk perawatan kulit untuk wanita tetapi juga untuk pria.

Dua tahun lalu, Ibu Glo merilis produk unggulan yang mengandung ekstrak bunga sakura. Berikut sederet manfaat cherry blossom yang akan membuat kulit wajah Anda lebih sehat dan terawat.

5. Beku

Gel Tabir Surya Azarin Hydrasut

Sering dikacaukan dengan merek luar negeri, produk Azarine ternyata adalah produk buatan atau asli dari Indonesia. Produk Azarin diketahui diproduksi dan didistribusikan dari kota Sedoarjo, Jawa Timur. Tak mau kalah dengan brand skincare lainnya, Azarin juga menggandeng public figure Korea Selatan bernama Lee Min Ho. Dengan sejarah panjang di dunia hiburan, pesona dan kemampuan aktor papan atas Korea Selatan ini tidak perlu diragukan lagi.

Dalam video perkenalan yang diunggah pada 3 April 2022 melalui Instagram resmi Azarine, Lee Min Ho mengatakan, “Halo, Zesti! Saya Lee Min Ho. Mulai hari ini, saya adalah brand ambassador Azarine.” Heirs memperkuat lini produk sunscreen ini seperti hydrashoote sunscreen gel, hydramax-c sunscreen serum, hydrashoote sunscreen dan mineral sunscreen.

6. Laboratorium putih

Situs web Whitelab/Whitelab

Brand Whitelab pertama kali diluncurkan pada Maret 2020, namun pada awalnya brand skin care ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Omzet merek perawatan kulit Whitelab mencapai 25,3 miliar pada April-Juni 2022.

Produk perawatan wajah dan produk perawatan tubuh adalah dua kategori besar yang ditawarkan Whitelab. Produk kecantikan dan perawatan kulit yang banyak digunakan masyarakat Indonesia adalah Whitelab Face Brightening Serum.

Whitelab merupakan brand lokal yang berhasil merebut hati masyarakat. Produk yang sudah terbukti sering dijual di pasaran. Pada tahun 2021, Whitelab telah memenangkan berbagai penghargaan seperti Tokopedia Beauty Awards 2021, Today’s Line Pick 2021 dan Women’s Best Everyday Beauty Awards 2021.

Jessica Lynn mengatakan: “Memenangkan penghargaan di tahun 2021 tidak membuat kami berpuas diri, justru menjadi tantangan bagi kami kedepannya untuk terus menciptakan inovasi produk yang lebih baik lagi yang dapat membantu masyarakat mengatasi masalah kulitnya. Selaku pendiri perusahaan Whitelab dalam keterangan resmi, Rabu, 19 Januari 2021.

Baca: Jelajahi bahan-bahan perawatan kulit lokal yang populer, dari pencuci muka hingga tabir surya

JENIATI ARTAULI TAMPUBOLON

Hai Sobat Kantika, mari update informasi dan inspirasi wanita di Kantika Telegram