Penumpang Rajabhasa Express selamat dari tabrakan di Martapura

Akibat luka yang dialami KAI Divre IV Tanjungkarang, empat korban meninggal dunia dan 15 penumpang bus Putra Solong dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Baturaja (JurnalPagi) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi 4 menyatakan seluruh penumpang KA Rajabasa Ekspres jurusan Tanjung Karang-Kertapati hilang pasca terjadi kecelakaan dengan bus Putra Solong di KM 193+7 Penyeberangan Martapura, Minggu aman 13.00 WIB.

Manajer Humas KAI Divre IV Tanjungkarang Azhar Zaki Asjari dalam keterangan tertulisnya turut berduka cita atas meninggalnya penumpang bus dalam kecelakaan di ruas jalan Way Pisang (WAP) dan Martapura (MP) KM 193+7.


Ia mengatakan, dalam kejadian tersebut seluruh awak dan penumpang kereta api dilaporkan selamat dan tidak ada korban jiwa maupun luka.

Terdapat korban jiwa di kalangan penumpang bus Putra Solong saat KAI Divre IV Tanjungkarang melakukan proses evakuasi ke rumah sakit terdekat. Empat korban meninggal dunia dan 15 penumpang lainnya luka-luka.

Dijelaskannya, kejadian tersebut terjadi saat bus Putra Solong BE 7037 FU mati mesin dan berhenti tepat di tengah perlintasan kereta api untuk menghindari tabrakan.

Saat kejadian, pengemudi sempat meneriakkan slogan 35 berkali-kali, namun tak dihiraukan oleh sopir bus.

Ia menjelaskan: Sopir kami mencoba menghentikan kereta, namun karena jarak dan kecepatan kereta yang pendek, bus terseret sekitar 50 meter.

Dikatakannya, akibat kejadian tersebut tentu saja KAI mengalami kerugian materiil yang mengakibatkan tertundanya KA Rajabhasa dan Kuala Stabas serta tertundanya beberapa KA lainnya.

Namun proses evakuasi baru selesai pada pukul 15.24 WIB sehingga perjalanan KA kini kembali normal.

Ia mengatakan, kami sangat menyayangkan kejadian ini karena masih ada pengguna jalan yang tidak berhati-hati saat melintasi perlintasan kereta api.

Seorang Penumpang Meninggal Saat Kereta Tabrakan dengan Bus di OKU
KA Airlanga bertabrakan dengan dua gerbong di Bulak Kepal Bekasi
KAI Daop 1 Jakarta mencatat 44 kecelakaan di perlintasan sejak awal tahun 2024.

Koresponden: Edu Purmana
Redaktur: Mohammad Yusuf
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *